7 Cara Pengobatan ala Rumahan Mengatasi Diare

Diare selalu membuat kewalahan terutama jika aktivitas sedang padat.
Fitri Sartina Dewi | 17 September 2018 22:05 WIB
Ilustrasi diare -

Bisnis.com, JAKARTA—Diare selalu membuat kewalahan terutama jika aktivitas sedang padat. Namun, ada berbagai pengobatan rumahan yang bisa membantu mengatasi diare sekaligus menghindari masalah lainnya yang sering mengikuti, seperti dehidrasi.

Hellosehat.com mengungkapkan beberapa cara pengobatan yang sederhana dan efektif untuk mengatasi diare sebagaimana dikutip dari Mayo Clinic dan WebMD.

 Cara yang pertama ialah dengan minum banyak cairan bening seperti air putih, air kaldu, dan jus setiap hari. Hindari minum alkohol dan kafein.

Setiap jam, penderita diare sebaiknya minum 1 liter air per jam selama 1-2 jam, atau lebih lama lagi jika diare belum sembuh. Jika penderita diare memiliki penyakit ginjal, jantung, atau hati, maka harus membatasi cairan, dan konsultasi dengan dokter sebelum meningkatkan jumlah cairan yang akan diminum.

 Cara yang kedua ialah mencoba makan makanan semipadat dan rendah serat secara bertahap, karena pergerakan usus yang kembali normal. Sebaiknya makanan yang dikonsumsi merupakan yang semipadat dan rendah serat seperti roti bakar, telur, nasi, atau ayam.

 Penderita diare juga disarankan untuk menghindari makanan tertentu, karena usus belum bisa mengolah makanan yang mungkin biasa dimakan.

Sebaiknya menghindari beberapa produk makanan seperti produk susu olahan, makanan berlemak, makanan berserat tinggi, atau makanan dengan banyak bumbu selama beberapa hari.

Dikutip dari Best Health Mag, sebaiknya penderita diare juga menghindari makanan yang terbuat dari bahan-bahan kasar yang sulit untuk dicerna, seperti kacang-kacangan, kubis, atau kubis bertunas.

Cara pengobatan yang berikutnya ialah memilih makanan yang mengandung probiotik, karena mengandung sekumpulan bakteri hidup yang mirip dengan bakteri sehat yang umumnya ditemukan di dalam sistem pencernaan tubuh.

Probiotik dapat meningkatkan jumlah bakteri sehat yang ada untuk melawan kuman dalam saluran pencernaan. Adapun, makanan yang mengandung probiotik adalah yoghurt dan keju.

 Langkah berikutnya yang bisa dilakukan ialah mengonsumsi bubur wortel yang memiliki sumber pektin.

 Selain itu, minum teh hitam manis juga dipercaya bisa mengatasi diare. Air panas diyakini bisa membantu rehidrasi, sedangkan teh mengandung astringen tanin yang membantu mengurangi peradangan usus.

 Cara terakhir yang diyakini bisa mengatasi diare ialah dengan mengonsumsi buah blackberry. Buah tersebut kaya kandungan tanin, dan sudah lama menjadi pengobatan rumahan yang cukup umum. Blackberry tersebut bisa diolah menjadi teh.

Tag : kesehatan, diare, diare
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top