Sinar UV Juga ada Saat Cuaca Mendung

Radiasi sinar ultraviolet ternyata tidak hanya ada pada saat matahari sedang bersinar terik saja, tetapi sepanjang waktu bahkan di saat mendung sekalipun.
Dewi Andriani | 25 September 2018 09:45 WIB
Kenapa perlindungan terhadap UV penting? - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Radiasi sinar ultraviolet ternyata tidak hanya ada pada saat matahari sedang bersinar terik saja, tetapi sepanjang waktu bahkan di saat mendung sekalipun.

Banyak masyarakat yang menggunakan kacamata hitam untuk melindungi mata di saat matahari terik. Padahal, warna lensa sama sekali tidak ada hubungannya dengan kemampuan perlindungan sinar UV.

Sebab, hal yang paling penting adalah teknologi yang dihasilkan dalam material lensa yang yang dapat menyerap keseluruhan spektrum sinar UV sehingga mampu melindungi mata dari radiasi sinar UV.

“Kita harus membangun perhatian yang lebih besar pada fakta bahwa cahaya matahari dan pantulannya dapat merusak mata dan perlindungan dari sinar UV adalah penting bagi semua orang,” tutur Ven Raman, Managing Director South East Asia - Carl Zeiss Pte.Ltd

Dia mengumpamakan lensa kacamata memiliki fungsi yang sama halnya dengan sunblock yaitu memblokir sinar matahari agar tidak langsung mengenai mata. Pengguna harus memilih dengan tepat lensa kacamata yang efektif melindungi mata dan memiliki lapisan anti UV.

Tag : ultraviolet
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top