Anak main gadget/lifehacker
Health

Kurangi Penggunaan Gadget, Tingkatkan Kemampuan Otak Anak

Newswire
Senin, 1 Oktober 2018 - 14:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dewasa ini, penggunaan gadget pada anak seolah menjadi hal yang sangat wajar. Padahal, pemakaian gadget berlebihan bisa memberikan dampak negatif.

Karena itu, disebutkan membatasi "screen time" atau waktu di depan layar pada anak hingga dua jam dapat meningkatkan fungsi otak hingga keterampilan berbahasa, menurut studi terbaru dari The Lancet Child and Adolescent Health.

Dalam penelitian itu, para peneliti mengamati sekitar 4.500 anak berusia 8 hingga 11 tahun. Mereka dibandingkan waktu tidur, aktivitas fisik, dan waktu di depan layar.

Menurut pedoman itu, anak-anak dalam kelompok usia tersebut tidak diperkenankan menghabiskan lebih dari dua jam waktu di depan layar, memeroleh waktu tidur antara 9 hingga 11 jam, dan setidaknya melakukan aktivitas fisik selama satu jam per hari.

Para peneliti menemukan bahwa dari 4.500 anak, hanya 5 persen yang memenuhi standar pedoman yang disarankan.

Penelitian ini menyatakan 51 persen anak-anak yang mendapatkan waktu tidur yang direkomendasikan, 37 persen anak sesuai dengan rekomendasi waktu di depan layar, dan 18 persen yang memenuhi persyaratan aktivitas fisik.

Penulis utama riset Jeremy Walsh memberitahukan, hal tersebut memungkinkan para peneliti melihat dampak kolektif dari tidur, waktu di depan layar, dan aktivitas fisik anak.

"Kita tahu bahwa perilaku aktivitas fisik, tidur, dan waktu di depan layar itu secara independen berdampak pada kesehatan kognitif anak. Namun, perilaku-perilaku tersebut tidak pernah dipertimbangkan dalam kombinasi," ujarnya dilansir Time, Sabtu (29/9).

Walsh melanjutkan, "Kami benar-benar memiliki kesempatan di sini untuk melihat bagaimana memenuhi masing-masing pedoman dan memenuhi semua pedoman yang berhubungan dengan kognitif dalam sampel besar dari anak-anak Amerika."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro