Benarkah Menyimpan Tali Pusat Bayi Penting?

Saat masih dalam kandungan, tali pusat memiliki kegunaan untuk mengalirkan makanan dan oksigen, lalu apa fungsi tali pusat ketika sang bayi telah lahir.?
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 02 Oktober 2018  |  11:27 WIB

Bisnis.com JAKARTA - Saat masih dalam kandungan, tali pusat memiliki kegunaan untuk mengalirkan makanan dan oksigen, lalu apa fungsi tali pusat ketika sang bayi telah lahir?

dr. Ardiansjah Dara, SpOG menyampaikan, selama proses kehamilan sang ibu, semua trimester merupakan golden moment, sebut saja pada awal kehamilan terjadi pembentukan organ, kemudian saat janin mulai bergerak.

Bahkan, katanya, hingga proses persalinan juga ada golden momentnya, yakni pengambilan darah tali pusat yang mana hanya berlangsung seumur hidup sekali.

Sejalan dengan dr. Ardiansjah, dr. Meriana Virtin turut menambahkan, kesempatan sekali seumur hidup tersebut itu jangan sampai dilewati, karena darah tali pusat ini sangat berharga dimana sel punca yang terkandung di dalamnya dapat membantu terapi lebih dari 80 jenis penyakit.

Seperti leukimia, thalasemia, dsb seperti kasus yang pernah terjadi kepada salah seorang penderita thalasemia yang berhasil sembuh melalui terapi sel punca darah tali pusat milik adiknya.

Mengenal lebih jauh manfaat tali pusat pasca si buah hati lahir tersebut menjadi pembahasan  penyelenggaraan Cordlife Pregnancy Journey - "Golden Moments Right After Birth".

Country Director Cordlife Persada, Retno Suprihatin menjelaskan, "Acara ini merupakan rangkaian edukasi yang Cordlife lakukan sebagai komitmen untuk selalu menyertai perjalanan kehamilan para calon ibu hingga proses kelahiran si buah hati serta menjadi partner terpercaya bagi ibu dan anak di Indonesia," paparnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bayi

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top