Perajin memproduksi batik di Kampung Batik Kauman, Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (27/9/2018)./ANTARA-Harviyan Perdana Putra
Fashion

Pakai Batik Harus Paham Motif, Ada yang Terlarang untuk Kondangan

Asteria Desi Kartika Sari
Rabu, 3 Oktober 2018 - 07:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Bicara mengenai batik, tak bisa terlepas dari beragamnya motif batik. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki motif batik dengan filosofi yang berbeda-beda.

Kendati begitu, tidak semua orang memahami makna dari berbagai motif batik. Pasalnya ada beberapa motif batik yang lebih memiliki nilai sakral sehingga kurang tepat apabila digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Namun, banyak juga motif yang umum untuk aktivitas sehari-hari.

Creative Director Iwan Tirta Private Collection Era Soekamto mengatakan akan lebih bagus apabila mengenakan batik dengan mengetahui makna dari motif batik yang dipakainnya.

"Kita itu sekarang kebiasaan melihat visualnya saja. Tapi enggak pernah mengerti tentang batik itu apa dan artinya apa," kata Era di Plaza Indonesia, Selasa (2/10/2018).

Tanpa memahami motif itu, alhasil banyak orang yang menggunakan busana dengan motif batik di tempat apapun waktu yang salah. Misalnya saja, pemakainan batik motif parang. Aturannya, motif batik parang biasanya digunakan ketika acara keraton, atau hanya digunakan oleh raja.

Era mengatakan sebaiknya motif parang tidak digunakan untuk acara pernikahan. Menurutnya, awalnya batik adalah seni sakral. Menurut Era, batik motif parang juga sebaiknya tidak dikenakan ketika menghadiri acara pernikahan.

Era menjelaskan beberapa makna di balik motif batik. Menurutnya, sejumlah sumber di internet banyak menyebutkan batik kawung terinspirasi dari kolang-kaling. Padahal, motif tersebut punya makna yang lebih mendalam.

Sementara itu, kawung adalah motif geometri sakral yang memiliki makna cahaya. "Banyak di internet motif kawung terinspirasi dari kolang-kaling. Padahal sacred geometry. Kawung bukan hanya kolang-kaling," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro