Dari Kaos Sosok Barack Obama Hingga Sukses Bentuk Brand Lokal

Terinspirasi dari konsep sehelai katun yang putih bersih dan tinta dengan karakternya yang kuat, Ria Sarwono dan Carline Darjanto , dua sosok sahabat yang sudah memiliki ketertarikan pada dunia fashion sejak duduk di bangku sekolah.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 04 Oktober 2018  |  05:18 WIB
Dari Kaos Sosok Barack Obama Hingga Sukses Bentuk Brand Lokal
https://drive.google.com/file/d/1HhEDKrUsKlRew457ub-AmvPpOYAU_yNv/view?uspdrivesdk - Asteria Desi

Bisnis.com, JAKARTA--Terinspirasi dari konsep sehelai katun yang putih bersih dan tinta dengan karakternya yang kuat, Ria Sarwono dan Carline Darjanto , dua sosok sahabat yang sudah memiliki ketertarikan pada dunia fashion sejak duduk di bangku sekolah.

Realisasinya, 10 tahun lalu memberanikan diri untuk terjun dalam dunia retail fashion Indonesia melalui brand fashion Cottonink.

Cottonink hadir untuk menginspirasi wanita Indonesia bangga dengan karakter mereka masing-masing, melalui ragam koleksi yang simpel namun tetap elegan.

Untuk mendukung peningkatan produktivitas di industri fashion, Cottonink telah merancang inovasi dan strategi khusus untuk bisa mempertahankan dan mengembangkan bisnisnya di industri fesyen yang berkembang dengan pesat ini.

Creative Director Cottonink mengatakan Carline Darjanto untuk ikut andil dalam mengembangkan industri fashion, terdapat tiga kunci utama yang harus terus dipegang.

Pertama, peka dengan kebutuhan wanita Indonesia akan sebuah produk fashion yang nyaman untuk digunakan. Kedua, dukungan kualitas tim desain dan produksi dengan tangan-tangan yang kreatif dan terampil, serta yang terakhir adalah kolaborasi dengan pegiat industri kreatif lainnya.

"Termasuk sederet desainer dan influencer ternama Tanah Air untuk menciptakan ide-ide segar dan bisa lebih diterima oleh masyarakat luas," kata Carline, Rabu (3/10/2018).

Dia bercerita di penghujung tahun 2008, mereka masih iseng-iseng mendesain dan memproduksi serta memasarkan sebuah kaos yang bergambar sosok Presiden Amerika Serikat, Barack Obama yang baru saja memenangkan pemilihan presiden, ternyata mendulang banyak peminat.

Pada 2010, kemudian mereka memutuskan untuk memproduksi desainnya secara massal dengan menggandeng pegiat industri rumahan untuk proses penjahitan, sementara dirinya dan Ria fokus pada riset fashion, desain, pemilihan material, dan juga pemasaran produk.

"Semua proses dilakukan secara independen dari nol untuk memastikan setiap produk fashion yang dihasilkan terjaga kualitasnya untuk menunjang penampilan wanita Indonesia masa kini," katanya.

Hingga saat ini, COTTONINK telah berkolaborasi dengan 13 rekan penjahit lokal yang tersebar di beberapa titik di Pulau Jawa, antara lain Jakarta, Tangerang, Bandung, Bogor, Solo, dan melibatkan 350 orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
fashion

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top