Tip Hemat Liburan ke Luar Negeri Saat Dolar Naik

Saat ini travelling sudah menjadi salah satu bagian gaya hidup masyarakat. Selain untuk membebaskan diri sejenak dari kesibukan sehari-hari, menjelajahi berbagai destinasi menarik di negara lain seringkali menjadi cara ampuh untuk menggali inspirasi dan menikmati pengalaman baru.
Dika Irawan | 19 Oktober 2018 19:29 WIB
Patung Merlion di Marina Bay, Singapura - Wikimedia Commons

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini travelling sudah menjadi salah satu bagian gaya hidup masyarakat. Selain untuk membebaskan diri sejenak dari kesibukan sehari-hari, menjelajahi berbagai destinasi menarik di negara lain seringkali menjadi cara ampuh untuk menggali inspirasi dan menikmati pengalaman baru.

Bagi yang berencana untuk berlibur ke luar negeri, melemahnya nilai tukar Rupiah saat ini mungkin menimbulkan dilema tersendiri. Namun, jangan sampai situasi ini menggagalkan rencana liburan. Simak beberapa tip di bawah ini untuk berlibur ke luar negeri dengan lebih hemat versi AirAsia.

Pilih tujuan liburan yang menawarkan banyak objek wisata gratis. Seperti menonton pertunjukan Wonder Full Light and Water Show di Marina Bay Sands Singapura, berfoto di Petronas Twin Towers Kuala Lumpur, hunting foto street art di Georgetown Penang untuk mempercantik konten media sosial Anda, atau ikuti ritual perang air di Festival Songkran di Bangkok yang biasa diadakan pada bulan April.

Tekan pengeluaran dengan memilih akomodasi atau penginapan dengan harga terjangkau. Walaupun fasilitasnya terbatas, yang penting tetap bersih, nyaman dan aman. Atau jangan segan untuk menghubungi keluarga atau sahabat di negara tujuan untuk menjaga silaturahmi.

Pilih maskapai penerbangan berbiaya hemat atau low-cost carrier (LCC) untuk terbang menuju destinasi pilihan.

Pastikan hanya membawa barang-barang yang diperlukan saat liburan, agar barang bawaan dapat diatur secara ringkas di dalam koper. Jadi tas atau koper yang dibawa pun menjadi lebih sedikit.

Menimbang koper dan memprediksi kenaikan beratnya dengan mempertimbangkan pakaian kotor yang mungkin basah setelah mengunjungi objek wisata, barang belanjaan dan oleh-oleh yang akan dibawa pulang.

Agar liburan terasa lebih tenang, lindungi diri Anda dan keluarga dengan asuransi perjalanan.

Saatnya untuk lebih berani mencoba street food yang lebih hemat dan menawarkan pengalaman kuliner yang seru. Datanglah ke salah satu street food di Yaowarat Bangkok yang menyajikan berbagai olahan makanan khas Thailand. Lau Pa Sat yang dikenal sebagai surganya makanan bisa jadi pilihan wisata kuliner ketika liburan di Singapura. Saat berada di Kuala Lumpur kunjungi kawasan Jalan Alor dan nikmati Asam Laksa dan Nasi Kandar, serta Chendul ketika berlibur di Penang.

Bukan liburan kalau pulang tidak membawa oleh-oleh. Ada baiknya untuk menyiapkan daftar nama untuk diberikan oleh-oleh sebelum berangkat. Hal ini dapat mengurangi kecenderungan untuk belanja oleh-oleh secara tidak terkontrol.

Berlibur bukan pada saat musim liburan panjang atau long weekend. Selain bisa menikmati kondisi bandara dan kota tujuan yang tidak terlalu ramai, tiket masuk objek wisata pun umumnya lebih murah pada hari biasa. Periode terbang dari promo promo diskon hingga 70% ini bisa dimanfaatkan untuk liburan mulai sekarang juga sampai 30 Juni 2019, sehingga waktu yang bisa dipilih cukup panjang.

Tag : Liburan
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top