Ini Sejumlah Museum yang Melarang Berfoto

Di samping fenomena sejumlah museum yang beralih memperbolehkan fotografi, ada beberapa museum yang memiliki aturan yang tegas berupa pelarangan kegiatan fotografi.
Eva Rianti | 23 Oktober 2018 15:20 WIB
Seorang pengunjung tengah selfie di Ryazan Art Museum, Rusia - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Di samping fenomena sejumlah museum yang beralih memperbolehkan fotografi, ada beberapa museum yang memiliki aturan yang tegas berupa pelarangan kegiatan fotografi.

Seperti Museum Prado di Madrid yang memiliki 79 karya Velazquez, 42 El Grecos, dan 43 Titians, tidak mengizinkan foto atau film ketika berkunjung.

Museum Soane di London bahkan lebih "kejam", pengunjung museum diberikan tas plastik bening untuk membawa barang-barang pribadi dan diminta mematikan telepon.

Situs web museum yang telah berdiri sejak abad ke-19 ini menyatakan bahwa fotografi tidak diizinkan guna mempertahankan suasana unik dan magis di dalamnya.

Ini persis seperti apa yang telah diterapkan pendiri museum, Sir John Soane ketika menciptakan sebuah suasana bersejarah yang awet dengan mencegah adanya ponsel dan fotografi.  

Selain itu, sebenarnya alasan lainnya lantaran museum ini memiliki ukuran yang sangat kecil. Sehingga mengingat sempitnya ruang dan betapa padatnya pengunjung di dalam, fotografi akan sangat mengganggu.

Di museum lain, hampir tidak ada fotografi yang diizinkan di Frick Collection di New York. Namun, Direktur Komunikasi Frick, Heidi Rosenau mengungkapkan bahwa hanya ada satu area yang diizinkan fotografi, yakni di dalam Garden Court. 

“Kami mencoba memberi aturan pada fotografi yang lebih terbuka, tetapi perhatikan seberapa sering pengunjung terlihat hampir menyentuh objek [karya seni]. Oleh karena itu, pergeseran fotografi diarahkan ke Garden Court,” tuturnya, dilansir dari Bloomberg baru-baru ini.

Demikian pula, Museum Van Gogh di Amsterdam yang memungkinkan fotografi hanya di aula masuk dan di area “selfie-walls” khusus. Logikanya, situs web museum menyatakan bahwa aturan itu bertujuan untuk menghindari gangguan kepada pengunjung lain.

Sumber : Bloomberg

Tag : museum
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top