Kemendikbud Catat Jumlah Film Indonesia Tumbuh 12,5% pada 2014-2018

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupaya memperkuat kebanggaan terhadap produk budaya Indonesia, termasuk di sektor perfilman.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 25 Oktober 2018 12:00 WIB
Dilan 1990 - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupaya memperkuat kebanggaan terhadap produk budaya Indonesia, termasuk di sektor perfilman.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencatat jumlah film Indonesia yang beredar di bioskop bertumbuh 12,5% dalam periode 2014 hingga saat ini. Sekarang, jumlah film lokal yang sudah ditayangkan di bioskop telah mencapai 627 film.

Selain itu, Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) menyebutkan adanya lonjakan jumlah penonton film Indonesia di bioskop. Jika pada 2015 jumlahnya sebanyak 16,2 juta orang, maka tahun lalu sudah mencapai 41,4 juta penonton.

"Kami juga telah membeli hak tayang 35 judul film Indonesia untuk dapat ditayangkan atau dipertontonkan ke siswa sebagai bagian dari pendidikan karakter," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dalam acara jumpa media "4 Tahun Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla", di kantor Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Rabu (24/10/2018).

Di subsektor budaya lainnya, Kemendikbud menggandeng 54.200 seniman dalam program berbagi olah rasa, yang menjadi salah satu prinsip utama Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Selanjutnya, sebanyak 828 siswa telah mendapatkan bimbingan dari para maestro seni budaya melalui program Belajar Bersama Maestro (BBM).

Tag : kemendikbud, film indonesia
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top