Okky Madasari Ajak Anak-Anak Jelajah Nusantara Lewat 2 Novel Terbarunya

Penulis buku Okky Madasari meluncurkan dua buku terbarunya, masing-masing berjudul "Mata di Tanah Melus" dan "Mata dan Rahasia Pulau Gapi".
Eva Rianti
Eva Rianti - Bisnis.com 17 November 2018  |  15:31 WIB
Okky Madasari Ajak Anak-Anak Jelajah Nusantara Lewat 2 Novel Terbarunya
Penulis Buku "Mata di Tanah Melus" dan "Mata dan Rahasia Pulau Gapi" Okky Madasari (tengah) dalam peluncuran dua buku barunya di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Jumat (16/11). - Bisnis/Eva Rianti

Bisnis.com, JAKARTA -- Penulis buku Okky Madasari meluncurkan dua buku terbarunya, masing-masing berjudul "Mata di Tanah Melus" dan "Mata dan Rahasia Pulau Gapi".
 
Kedua buku ini merupakan novel yang menceritakan petualangan Matara, anak perempuan berusia 12 tahun ke sejumlah daerah di Indonesia. 
 
"Bersama sahabat-sahabatnya, Mata menyusuri sejarah dalam balutan cerita yang memancing imajinasi anak-anak," ujar Okky dalam acara peluncuran bukunya di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Jumat (16/11/2018). 
 
Lewat buku "Mata di Tanah Melus", Okky mengajak anak-anak bertualang di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sementara itu, melalui buku "Mata dan Rahasia Pulau Gapi", para pembaca cilik diajak terbang ke Pulau Gapi di sebuah kepulauan yang terletak di wilayah timur laut Indonesia. Di pulau yang merupakan salah satu pusat dunia di masa lalu itu, Okky menceritakan kisah Mata yang menelusuri jejak ilmuwan besar Alfred Russel Wallace ketika menulis surat pada Charles Darwin hingga upayanya untuk menyelamatkan pusaka-pusaka Pulau Gapi. 
 
Novel-novel Okky dikenal sebagai karya yang menyuarakan kritik sosial. Dia mengakui bahwa transisi menulis novel untuk dewasa yang biasa dilakukannya ke novel anak-anak merupakan proses yang penuh tantangan.

Salah satu yang dilakukan Okky untuk melakukan transisi tersebut adalah dengan membaca banyak literatur buku anak. 
 
Untuk "Mata di Tanah Melus", Okky menghabiskan 20 hari untuk melakukan riset di Kabupaten Belu, NTT. Adapun untuk "Mata dan Rahasia Pulau Gapi", dia berdiam selama 10 hari di Ternate.
 
Rencananya, akan ada buku ketiga dan keempat dari serial buku anak tersebut.

"Kalau menulis satu saja enggak akan ada dampaknya. Jadi harus ada beberapa buku sehingga pembaca kecil dan orang tua serta pembaca umum terkena dampak dari cerita yang saya tulis," terang Okky. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
buku, penulis buku anak

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top