Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

8 Cara Agar Anda Berpengaruh dan Dihargai di Kantor

Semua pekerja ingin dihargai di kantor. Bukan gila hormat, tetapi masing-masing orang umumnya ingin diapresiasi atas pekerjaannya. Perasaan dihargai umumnya meningkatkan kepercayaan diri untuk mencapai karier yang lebih baik.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 14 Desember 2018  |  07:43 WIB
Ilustrasi - Youtube
Ilustrasi - Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Semua pekerja ingin dihargai di kantor. Bukan gila hormat, tetapi masing-masing orang umumnya ingin diapresiasi atas pekerjaannya. Perasaan dihargai umumnya meningkatkan kepercayaan diri untuk mencapai karier yang lebih baik.

Selain dihargai, menjadi orang yang berpengaruh di kantor juga merupakan sebuah prestasi. Ketika Anda memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain di kantor, hal ini dapat membuka jalan lebih luas untuk goal karier Anda ke depan.

Nah, bagaimana caranya menjadi orang yang berpengaruh dan dihargai di tempat kerja? Berikut tip dari dikutip dari Lifehack.org:

1.  Membangun koneksi dengan orang lain

Sekalipun Anda bukan seorang pelajar di sekolah lagi, alangkah lebih baiknya membangun jaringan dan pergaulan yang luas. Ketika Anda bekerja, jalinan hubungan dengan orang-orang di lingkungan pekerjaan akan membawa banyak keuntungan. Orang-orang akan lebih mudah terpengaruh pada Anda ketika mereka mengenal dan nyaman dengan Anda secara personal. Jadi, carilah teman dan bangun koneksi seluas mungkin.
 
2.  Jadilah pendengar yang baik

Komunikasi yang baik terdiri dari berbicara dan mendengar. Keduanya harus sama porsinya. Jangan terlalu sering berbicara tanpa berusaha untuk mendengar.  Menjadi pendengar yang baik akan membuat lawan bicara Anda merasa dihargai dan mereka akan mengingat hal tersebut sebagai sebuah kebaikan. Sebaliknya tanpa Anda sadari, ketulusan Anda untuk mendengar akan membawa manfaat juga bagi Anda.
 
3.  Cara pandang yang luas

Untuk menjadi orang yang berpengaruh, Anda harus memiliki cara pandang yang luas terhadap segala hal di tempat kerja. Dengan cara pandang yang luas, orang di sekitar Anda juga akan melihat karakter dan harapan Anda dalam bekerja, tujuan Anda bekerja, dan bagaimana pandangan Anda itu bermanfaat bagi perusahaan atau rekan kerja.
 
4.  Terhubung secara emosional
 
Banyak orang yang berpikir bahwa kinerja yang ditentukan oleh angka dan grafik adalah hal yang paling berpengaruh. Padahal terhubung dengan orang lain secara emosi akan lebih berpengaruh ketimbang angka di atas kertas.
 
Orang senang dengan hubungan yang terikat secara emosional. Untuk hal ini Anda perlu menjadi lebih terbuka dan tulus untuk menjalin persahabatan dengan rekan kerja. Hal ini akan membuat Anda memenangkan hati mereka untuk mendukung Anda.
 
5.   Membangun kredibilitas
 
Rekan kerja Anda akan lebih mudah terpengaruh ketika mereka melihat kelebihan dan kredibilitas Anda. Karena itu, teruslah belajar dan berjuang untuk membangun kredibilitas Anda dalam bidang yang Anda geluti. Setiap perkembangan Anda ke arah yang lebih baik akan membuat orang lain menilai Anda lebih.
 
6.  Kenali politik kantor

Politik kantor tidak selalu mengenai hal yang buruk, yang terpenting adalah Anda mengetahui bagaimana seluk beluk segala sesuatu di kantor. Dengan mengetahui hal ini Anda memiliki kelebihan lain yang tidak dimiliki rekan kerja Anda.
 
7. Bekerja keras dan konsisten

Jika performa Anda tetap konsisten dan Anda dikenal sebagai orang yang bekerja keras, mereka pasti secara natural menghargai Anda. Bekerja keras bukan berarti bekerja sepanjang hari, tetapi Anda bekerja lebih baik dari orang lain di kantor Anda.
 
8. Menolong orang lain untuk sukses

Jangan berpikir untuk sukses sendiri. Orang yang berpengaruh dan dihargai di kantor pasti memiliki harapan akan kesuksesan rekan kerjanya juga. Karena itu, gunakan pengaruh Anda untuk menolong orang lain meraih kesuksesannya. Orang yang Anda tolong pasti akan selalu menghargai Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inspirasi karier
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top