Ilustrasi kecerdasan buatan/doc.Microsoft
Health

7 Bahasa Tubuh Ini Menunjukkan Seseorang Memiliki Kecerdasan Tinggi

Redaksi
Kamis, 30 Mei 2024 - 15:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Orang yang memiliki kecerdasan tinggi dapat terlihat dari gerak-gerik ketika bersosialisasi, salah satunya melalui bahasa tubuh yang digunakan.

Dilansir dari hackspirit.com dan rbr.com, Kamis (30/5/2024) meskipun kecerdasan dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti genetik, lingkungan, pendidikan, atau pengalaman. Namun, bahasa tubuh seseorang dapat mengungkapkan banyak hal tentang kompetensi dan potensi diri.

Bahasa Tubuh Menandakan Orang Pintar

1. Mengamati sebelum berbicara

Orang yang memiliki kecerdasan tinggi, ketika berada dalam obrolan cenderung memilih mendengarkan orang lain terlebih dahulu sebelum mengeluarkan pendapatnya. Hal ini mereka lakukan untuk mengurangi pembicaraan yang tidak berbobot.

Karena itu, mereka seringkali mengamati lawan bicaranya seperti mendengarkan dengan penuh perhatian, memproses informasi yang didapat, dan barulah kemudian mereka bisa memberikan respon. Kegiatan ini menjadi ciri khas orang cerdas yang mencerminkan keterampilan analisis dan pemikiran mendalam.

2. Anggukan kepala dalam pembicaraan

Kepala yang mengangguk ketika mendengarkan lawan bicara bercerita merupakan bahasa tubuh yang sering digunakan orang dengan tingkat kecerdasan tinggi. Karena, gerakan ini memperlihatkan keterlibatan secara aktif dalam memproses informasi yang diterima.

Selain itu, untuk mengartikan bahasa non verbal ketika ingin mengatakan bahwa mereka setuju atau mengerti suatu pembicaraan.

3. Postur terbuka

Postur terbuka ditunjukkan ketika seseorang berdiri atau duduk tegak dengan bahu ditarik ke belakang dan dada condong keluar. Bahasa tubuh ini, mencerminkan dominasi, kekuatan, dan kepercayaan diri, yang semuanya merupakan ciri khas dari orang dengan kecerdasan tinggi.

Penelitian Harvard Business School menemukan, orang yang sering melakukan postur tubuh terbuka dalam durasi 2 menit menunjukkan sikap lebih kuat dan siap untuk menghadapi rintangan dari tugas-tugas yang diberikan.

4. Gerakan tangan

Banyak orang seringkali menggunakan gerakan tangan ketika memberikan informasi ke lawan bicaranya. Bahasa tubuh ini, ternyata bisa mempermudah dalam penyampaian pemikiran atau ide-ide yang dimiliki.

Penelitian menunjukkan, orang yang sering menggunakan gerakan tangan saat berbicara cenderung memiliki kecerdasan kognitif tinggi seperti dalam menilai dan mempertimbangkan permasalahan.

5. Mengusap dagu

Orang dengan kecerdasan tinggi seringkali menunjukkan bahasa tubuh seperti gerakan mengusap dagu saat berada dalam obrolan. Gerakan ini dilakukan sebagai tanda mereka sedang merenungkan atau memikirkan secara mendalam informasi yang diberikan. 

6. Meniru orang lain

Orang dengan tingkat kecerdasan tinggi cenderung ingin terhubung lebih dalam kepada lawan bicaranya. Karena itu, mereka seringkali secara tidak sadar meniru gerak tubuh, gaya bicara, atau sikap orang lain untuk menunjukkan empati dalam pembicaraan.

7. Senyuman tulus

Orang cerdas cenderung lebih mudah mengelola emosinya dengan emosi lawan bicaranya. Kecerdasan emosional ini, seringkali ditunjukkan melalui senyuman tulus ketika mendengarkan pembicaraan.

Senyum tulus dapat terlihat melalui kontak mata yang secara alami membentuk kerutan dan sedikit menutup. Kondisi ini mengartikan, seseorang dapat menghargai lawan bicaranya melalui respon bahasa tubuh yang diberikan secara tidak langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro