irektur Regional World Health Menteri Kesehatan Nila F Moeloek (kiri tengah) menghadiri Pertemuan PBAC di Jenewa dalam kapasitas sebagai anggota Executive Board WHO periode tahun 2018-2021/Dokumentasi Kemenkes
Health

WHO SEARO Puji Mutu Puskesmas Indonesia

Denis Riantiza Meilanova
Kamis, 24 Januari 2019 - 10:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Regional World Health Organization South-East Asia Region (WHO SEARO) Poonam Khetapral Singh mengapresiasi atas capaian pembangunan Indonesia Sehat dalam 4 tahun terakhir ini. Salah satunya mengenai peningkatan mutu puskesmas.

Hal tersebut disampaikannya dalam pertemuan dengan Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek di sela-sela Pertemuan Programme, Budget and Administration Committee (PBAC) Executive Board WHO yang diselenggarakan pada 21-23 Januari 2019 di Jenewa, Swiss.

Poonam memuji sejumlah kemajuan pembangunan kesehatan di Indonesia, antara lain keberhasilan Indonesia menuju Cakupan Kesehatan Semesta (Universal Health Coverage), pencegahan dan pengendalian penyakit menular, peningkatan mutu Puskesmas dan penguatan sistem rujukan, serta kesiapsiagaan menangani bencana.

“Saya kagum dengan peningkatan mutu Puskesmas di Indonesia sampai ke daerah perbatasan dan kepulauan. Saya sangat terkesan dengan program akreditasi puskesmas karena Indonesia adalah satu-satunya negara di dunia yang melakukan akreditasi terhadap Puskesmas. Karenanya saya ingin berkunjung ke Indonesia untuk melihat langsung kemajuan tersebut”, katanya, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Bisnis.com, Kamis (24/1/2019).

Poonam menyampaikan keinginannya berkunjung ke Indonesia untuk melihat langsung berbagai kemajuan yang dicapai tersebut sehingga dapat menyampaikan best practices Indonesia kepada negara-negara di kawasan dan masyarakat global.

Nila F. Moeloek menyambut baik keinginan Direktur Regional SEARO tersebut dan akan menyiapkan program kunjungan yang dapat merefleksikan kondisi nyata pembangunan Indonesia Sehat.

Adapun pertemuan menkes dan Direktur Regional WHO SEARO itu telah membahas pula berbagai kerja sama Indonesia dengan WHO selama ini dan beberapa inisiatif baru antara lain rencana penyelenggaran Forum Kesehatan Pemuda (Youth Health Forum) di Indonesia dan kebijakan magang untuk staf muda Indonesia di WHO Pusat dan SEARO.

Menteri Nila  berada di Jenewa dalam rangka menghadiri Pertemuan PBAC pada 21-23 Januari 2019 dalam kapasitas sebagai anggota Executive Board WHO periode 2018-2021 dan terpilih sebagai anggota PBAC periode 2019-2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro