Penampilan hasil kolaborasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington, D.C., dengan PostClassical Ensemble dan Washington National Cathedral dihadirkan sebagai bentukan perayaan ke-70 hubungan diplomatik Indonesia - Amerika Serikat/ Istimewa - KBRI Washington
Entertainment

Gamelan Jawa dan Bali Hangatkan Washington

David Eka Issetiabudi
Sabtu, 26 Januari 2019 - 18:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Pertunjukan gamelan Jawa dan Bali yang dipadukan dengan orchestra dari PostClassical Ensemble menghangatkan penonton yang hadir di Katedral Nasional Washington.

Hawa dingin yang melanda Ibu Kota Amerika Serikat yang menyentuh 3 derajat Celcius tak mengurangi antusiasme penonton untuk memadati Katedral Nasional Washington, D.C.

Penampilan hasil kolaborasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington, D.C., dengan PostClassical Ensemble dan Washington National Cathedral ini,  berlangsung selama 3 jam tersebut juga dilaksanakan sebagai salah satu kegiatan perayaan ulang tahun ke-70 hubungan diplomatik Indonesia dan Amerika Serikat yang jatuh pada 2019.

Konser tersebut di buka dengan langgam Lir-ilir dan Sesonderan yang diiringi Gamelan Jawa sekaligus untuk menyambut para penonton memasuki gedung katedral. Setelah itu, rangkaian atraksi tarian tradisional Indonesia, yakni Tari Merak yang diiringi Gamelan Jawa, Tari Margapati dan Tari Topeng Tua dari Bali dipertunjukkan memesona hadirin.

Wakil Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Iwan Freddy Hari Susanto mengatakan konser tersebut bertujuan untuk menunjukkan besarnya pengaruh gamelan terhadap musik klasik Barat.

Dalam pertunjukan kali ini sebagian para pemain Gamelan Jawa dan Bali adalah warga negara Amerika Serikat yang memang mengagumi budaya Indonesia. Mereka secara rutin berlatih setiap minggu di KBRI Washington DC yang dipimpin oleh Muryanto (pelatih Gamelan Jawa) dan I Nyoman Suadin (Gamelan Bali).     

Penampilan piano dan orkestra karya Lou Harrison serta rangkaian konser piano masuk dalam rangkaian acara selanjutnya. “Kita semua di sini untuk menyaksikan hubungan yang unik dan erat antara Gamelan dan musik klasik Barat,” katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/1/2019).

Freddy menambahkan pagelaran kolaborasi ini menjadi satu bukti pengaruh Gamelan Indonesia yang sudah sangat lama menjadi inspirasi bagi para komposer ternama Eropa dan Amerika.

Hal ini juga ditegaskan oleh Joseph Horrowitz, Direktur Eksekutif PostClassical Ensemble, mengatakan tidak ada jenis musik non-Barat lain yang pengaruhnya begitu luar biasa terhadap tradisi Barat selain gamelan.

Nama-nama besar seperti Claude Debussy, Lou Harrison, dan Colin McPhee merupakan contoh komposer dari negara Barat yang maha karya mereka sangat terinspirasi oleh karakter gamelan yang indah dan karakter suaranya yang sangat berbeda dari aliran musik Barat.

Dalam konteks tersebut, konser ini sekaligus memberi pengakuan terhadap kontribusi gamelan sebagai elemen pemersatu yang dapat menjembatani saling pengertian antarbangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro