Ilustrasi./dailymail.co.uk
Health

Dokter Klinik Kesuburan Diduga Ayah dari 200 Anak

Tempo.co
Minggu, 17 Februari 2019 - 07:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 22 orang memenangkan gugatan untuk melakukan tes DNA terhadap dokter pemilik klinik kesuburan di Belanda untuk memastikan dia sebagai ayah dari 200 anak yang dilahirkan.

Kemenangan para penggugat itu diperoleh setelah dokter yang bernama Jan Karbaat meninggal pada tahun 2017 di usia 89 tahun.

Selama hidupnya, Karbaat warga Belanda membantah bahwa dia menggunakan spermanya untuk pembuahan, melainkan menggunakan sperma donor.

Sekalipun membantah, tak sekalipun Karbaat mau bekerja sama dengan mereka yang menginginkan dilakukan tes DNA.

Pengadilan memenangkan gugatan itu dengan alasan ada bukti cukup kuat bahwa dokter pemilik klinik di Barendrecht, Rotterdam, menggunakan spermanya sendiri.

Hakim juga memberikan jaminan kepada penggugat untuk mengambil sejumlah perlengkapan pribadi dokter tersebut untuk tes DNA dan mengamankannya di tempat yang aman.

Sejak persidangan dua tahun lalu berlangsung telah terjadi perkembangan signifikan, yakni DNA dari anak laki-laki Karbaat membuktikan adanya hubungan biologis yang relevan dengan 47 orang hasil pembuahan di klinik itu.

"Sejumlah anak-anak donor memiliki penampilan yang serupa dengan Karbaat," kata hakim pengadilan, seperti dikutip dari The Independent.co.uk, Jumat, 15 Februari 2019.

Karbaat telah menjalankan profesi sebagai dokter kesuburan selama beberapa dekade. Ketika kliniknya ditutup tahun 2009, sejumlah pelecehan mengenai bibit donor dan pelanggaran administrasi ditemukan.

Sementara keluarga dokter Karbaat selama ini juga menolak tes DNA dilakukan dengan alasan privasi dan untuk menghormati almarhum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Tempo.co
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro