Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Agar Anak Tidak Stres Hadapi Ujian Sekolah

Menghadapi ujian sekolah adalah momen cukup berat bagi anak.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 28 Februari 2019  |  14:30 WIB
Seorang anak belajar dengan menyalakan lilin sebagai alat bantu penerangan saat listrik padam, di Kota Gorontalo, Gorontalo, Minggu (6/1/2019). - ANTARA/Adiwinata Solihin
Seorang anak belajar dengan menyalakan lilin sebagai alat bantu penerangan saat listrik padam, di Kota Gorontalo, Gorontalo, Minggu (6/1/2019). - ANTARA/Adiwinata Solihin

Bisnis.com, JAKARTA - Menghadapi ujian sekolah adalah momen cukup berat bagi anak.

Disinilah biasanya rentan terjadi stres pada anak yang bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh dan mentalnya.

Karena itu, sebagai orang tua sudah sewajarnya untuk mengantisipasi dan menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan anak stres jelang ujian sekolah.

Berikut tips bagi orang tua agar membantu anak tidak stres seperti dikutip Timesofindia.com:

1. Tetap tenang

Semakin tenang Anda, semakin jelas Anda akan dapat berpikir dan membantu anak Anda untuk tetap bebas stres. Panik dan gugup adalah cara termudah untuk membuat anak Anda stres. Tetap tenang dan jangan membuat panik di lingkungan. Ini akan membuat anak Anda belajar dengan santai.

2. Setop membandingkan

Salah satu kesalahan terbesar yang cenderung dilakukan orang tua adalah membandingkan anak-anak mereka dengan orang lain atau memberi tahu mereka bagaimana anak-anak kerabat mereka mendapat nilai baik.

Ini sangat penting jika Anda memiliki anak yang berkinerja tinggi dan Anda tergoda untuk memberi contoh. Perbandingan menurunkan tingkat harga diri pada anak-anak, sebaliknya mendorong mereka untuk melakukan yang terbaik dan tetap di belakang mereka, tidak peduli apa.

3. Jauhkan gangguan

Penting bagi Anda untuk duduk bersama mereka dan memberi tahu mereka bagaimana menghilangkan gangguan tertentu akan membantu mereka tampil lebih baik. Daftar gangguan ini dapat mencakup apa saja dari ponsel cerdas, akun Netflix, media sosial, dll.

4. Berada di sekitar mereka, tetapi jangan mendekat

Sebagai orang tua, Anda adalah sistem pendukung terbesar anak Anda. Melihat Anda di sekitar mungkin tidak hanya menenangkan mereka secara mental tetapi mereka juga mungkin mendekati Anda dengan beberapa keraguan dan pertanyaan. Oleh karena itu, menjadi sangat penting bagi Anda untuk hadir di sekitar anak Anda.

5. Perbaiki rutinitas untuk mereka

Penting bagi Anda untuk mengatur jadwal waktu dan rutin yang tepat untuk mereka. Pastikan bahwa mereka tidur nyenyak dan bangunkan mereka untuk sarapan yang mengenyangkan dan bergizi.

6. Ajari mereka untuk istirahat

Tidak masalah seperti apa jadwal belajar anak Anda, penting baginya untuk beristirahat. Ini akan membantu anak-anak untuk berkonsentrasi lebih baik dan mulai dengan pikiran yang lebih segar. Jogging, mendengarkan musik dan bersepeda adalah beberapa dari beberapa cara mereka dapat menikmati waktu istirahat mereka. Namun, dorong mereka untuk menjauh dari multimedia dan alih-alih melakukan aktivitas fisik ringan.

7. Ciptakan lingkungan yang positif

Pada akhirnya, orang tua perlu mengingat, ujian bukan akhir dari dunia. Meskipun mereka ingin anak-anak mereka berhasil dalam ujian ini, itu tidak berarti bahwa rumah itu harus mulai terlihat dan terasa suram. Tetap bahagia dan positif dan gosok anak-anak Anda juga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

parenting
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top