4 Nutrisi Terbaik Untuk Melindungi Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata tak sekedar dengan cara menjaga jarak pandang aman saat menonton televisi atau bermain gadget. Apa yang Anda makan juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata.
Eva Rianti
Eva Rianti - Bisnis.com 05 Maret 2019  |  10:16 WIB
4 Nutrisi Terbaik Untuk Melindungi Kesehatan Mata
Kornea mata - lasikblog.net

Bisnis.com, JAKARTA – Menjaga kesehatan mata tak sekedar dengan cara menjaga jarak pandang aman saat menonton televisi atau bermain gadget. Apa yang Anda makan juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. 

Elizabeth J. Johson, seorang ilmuwan penelitian dan profesor di Tufts University di Boston mengungkapkan bahwa nutrisi yang baik untuk membantu penglihatan adalah lewat makanan.

“Makanan mengandung banyak nutrisi yang tidak kita sadari dapat membantu [penglihatan],” tuturnya, seperti dikutip dari Medicaldaily, baru-baru ini.

Berikut ini empat nutrisi yang direkomendasikan oleh studi dan para ahli yang dapat menunjang kesehatan mata.

1. Lutein dan Zeaxanthin dalam Sayuran Hijau

Kedua antioksidan ini terkait dengan berkurangnya risiko berbagai masalah penglihatan. Juga dikenal sebagai pigmen makula, dikeduanya dikatakan melindungi jaringan mata dari cahaya biru yang berbahaya, kerusakan sinar matahari, polusi udara, dan asap rokok.

Sebagian besar varietas buah dan sayuran yang berwarna dapat menyediakan antioksidan ini dalam jumlah yang cukup. Sayuran hijau tersebut diantaranya kangkung, selada romaine, sawi hijau, lobak hijau, dan bayam.

2. Asam Lemak Omega-3 dalam Makanan Laut

Makanan laut adalah sumber berharga asam lemak ini, terutama salmon, tuna, halibut, dan sarden. Namun, jika Anda tidak bermaksud memasukkan ikan ke dalam makanan Anda, Anda bisa mempertimbangkan kedelai, biji rami, minyak biji rami, kacang kenari, dan biji chia.

“Asam lemak omega-3 telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi. Ada bukti yang menunjukkan bahwa peradangan berperan dalam degenerasi makula [penurunan penglihatan pusat] terkait usia,” kata Dr. Ivana Kim, associate professor of opthalmology di Harvard Medical School.

3. Vitamin A, C, dan E

Wortel dan produk berwarna oranye lainnya mengandung beta-karoten, sejenis vitamin A yang membantu fungsi mata. Selain itu, pastikan untuk mengonsumsi buah jeruk dan beri untuk vitamin C, yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko degenerasi makula dan katarak.

Vitamin E menjaga kesehatan membran sel dan membantu perbaikan DNA, sehingga melindungi jaringan mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Kacang-kacangan adalah sumber yang berharga yang direkomendasikan untuk nutrisi vitamin E.

4. Seng

Menurut American Academy of Ophthalmology, seng adalah trace mineral penting yang ditemukan dalam konsentrasi tinggi di mata. Penglihatan malam yang buruk dan katarak yang keruh adalah salah satu gejala yang mungkin terjadi defisiensi.

Nutrisi dikatakan berperan dalam memastikan retina Anda –jaringan terdalam mata– dalam kondisi baik. Telur adalah makanan super untuk kesehatan mata karena kuning telur menyediakan seng selain lutein dan zeaxanthin.

Tiram, susu, yogurt, kerang, kacang panggang, dan biji-bijian adalah sumber lain yang baik untuk dimasukkan ke dalam deretan makanan yang Anda konsumsi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mata

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top