Makanan Terbaik untuk Bayi di Bawah Usia 1 Tahun

Bayi umumny a akan mendapatkan Mpasi atau makanan pendamping ASI ketika usianya sudah menginjak 6 bulan.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 05 Maret 2019  |  11:04 WIB
Makanan Terbaik untuk Bayi di Bawah Usia 1 Tahun
Seorang ibu menyusui bayinya. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Bayi umumny a akan mendapatkan Mpasi atau makanan pendamping ASI ketika usianya sudah menginjak 6 bulan.

Di usia tersebut, usus bayi sudah mampu mencerna makanan meskipun dengan tekstur yang sangat halus.

Sayangnya masih banyak orang tua yang memberikan makanan pada bayi sebelum usianya menginjak 6 bulan. Atau ada juga yang memberikan makanan justru ketika usianya sudah di atas 1 tahun. Sangat penting memberikan makanan dengan tekstur halus karena bayi di bawah usia 1 tahun tidak memiliki gigi untuk dikunyah dan sistem pencernaan mereka masih berkembang.

Jenis makanan bayi berusia di bawah 1 tahun juga harus diperhatikan dengan seksama. Jangan asal memberikan makanan yang sulit dicernanya sehingga bisa membuatnya mengalami masalah pencernaan.

Penelitian mengatakan bahwa semakin banyak buah dan sayuran yang dimakan bayi sebelum usia satu tahun, semakin besar kemungkinan dia untuk makan berbagai makanan pada saat dia berusia enam tahun.

Kecuali madu dan beberapa makanan yang bisa membuat bayi tersedak, tidak ada aturan baku tentang apa yang harus diberikan pada bayi Anda. Anda dapat memberikan apa pun kepada bayi Anda mulai dari pure sayuran, sereal beras, semangka pure, ayam pure.

Namun perlu diingat untuk menawarkan satu makanan baru setiap tiga hari, jangan kurang dari itu. Juga, perhatikan baik-baik tanda-tanda alergi atau reaksi pada makanan tersebut pada tubuh bayi Anda.

Berikut beberapa jenis makanan yang bisa diberikan untuk bayi di bawah usia 1 tahun:

Berry

Sama seperti orang dewasa, bayi makan dengan mata mereka. Jadi, apa yang lebih baik dari buah berry yang berwarna cerah. Buah beri memiliki rasa manis dan nutrisi, yang menjadikannya makanan yang sempurna untuk bayi yang sedang tumbuh.

Kacang

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa memberi makan kacang pada bayi mereka yang bahkan alergi justru dapat mencegah alergi. Tapi jangan pernah memberi bayi Anda kacang utuh atau selai kacang karena keduanya bisa menyebabkan tersedak. Anda bisa meletakkan selai kacang di atas roti atau membuat pure. Berikan kacang hanya setelah Anda mencoba makanan tradisional lainnya.

Sayuran berdaun hijau

Mungkin bayi Anda akan menolak sekali atau dua kali, saat Anda menawarkan pure sayuran hijau, tetapi jangan menyerah. Sayuran hijau kaya akan banyak nutrisi dan menjadikannya salah satu makanan bayi terbaik.

Biji-bijian utuh

Makanan tradisional adalah yang terbaik. Anda dapat menumbuk biji-bijian sehat dan kami yakin bayi Anda akan menyukainya.

Bawang merah dan bawang putih

Anda dapat menambahkan sedikit bawang putih dan bawang putih ke dalam makanan bayi Anda tanpa rasa takut. Ini akan membangkitkan perasa mereka karena memberi makanan beraroma bayi Anda selalu merupakan langkah cerdas.

Telur

Telur, yang sebelumnya direkomendasikan oleh dokter anak untuk tidak diberikan kepada bayi Anda terlalu dini, adalah sesuatu yang sekarang dianjurkan. Telur kaya protein, lemak sehat dan kolin, telur membuat makanan yang sempurna untuk bayi Anda. Anda dapat mencampurkan beberapa telur orak-arik dengan pure sayuran untuk membuat kombinasi yang lebih sehat.

Lentil

Lentil mengandung zat besi dan protein. Anda dapat menggabungkannya dengan sayuran, bubuk kari, dan bumbu segar.

Makanan lainnya

Anda bisa memberi bayi Anda gandum, bit, kemangi, kangkung, salmon, labu, keju dan buah persik yang tentu saja semuanya dalam bentuk puree,

Satu hal yang penting sebelum memberi makan pada bayi Anda adalah konsultasikan dengan dokter anak jika Anda merasa bayi alergi terhadap makanan apa pun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bayi

Sumber : Timesofindia.com

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top