Salah satu lukisan Leonardo da Vinci, Dara dari Bebatuan./Reuters-Alessia Pierdomenico
Entertainment

Studi Terbaru Ungkap Leonardo da Vinci Seorang Ambidextrous

Reni Lestari
Selasa, 9 April 2019 - 19:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sebuah studi mendalam tentang karya paling awal Leonardo da Vinci membuktikan bahwa seniman besar Renaisans itu adalah ambidextrous, yakni seorang yang mampu menggunakan menulis dengan tangan kanan dan kiri. Hal itu diungkapkan Galeri Uffizi di Italia.

Analisis ilmiah dan teknologi juga mengungkapkan sketsa lanskap tersembunyi yang sebelumnya tidak diketahui di belakang karya asli Leonardo da Vinci.

"Ini adalah revolusi nyata di bidang studi Leonardo," kata Direktur Uffizi, Eike Schmidt seperti dilansir Reuters pada Selasa (9/4/2019).

Temuan ini diumumkan sebulan sebelum peringatan 500 tahun kematian Leonardo, di mana museum di seluruh Eropa akan menyelenggarakan pameran dan acara untuk merayakan kehidupan seniman di balik karya fenomenal Mona Lisa itu.

Karya Da Vinci yang pertama diketahui tertanggal 5 Agustus 1473, ketika dia berusia 21 tahun dan menunjukkan lanskap lembah sungai Arno serta Kastil Montelupo, persis di luar Florence.

Sebuah studi dari dua teks mengonfirmasi bahwa karya tersebut menunjukkan bahwa ia mampu menulis dengan sempurna menggunakan tangan kiri dan kanannya.

"Leonardo dilahirkan dengan kemampuan menulis tangan kiri, tetapi diajari menulis dengan tangan kanannya sejak usia sangat muda," kata sejarawan seni Cecilia Frosinini.

"Dengan melihat tulisannya, termasuk dari gambar ini, orang dapat melihat kaligrafi tangan kanannya berpendidikan dan dilakukan dengan baik."

Menggunakan cahaya inframerah, para ahli seni juga menemukan dua lapisan gambar yang berbeda, baik di bagian belakang dan depan, dengan garis tinta yang menutupi jejak arang asli di tempat-tempat tertentu.

Tidak banyak tinta yang terlihat di bagian belakang, tetapi infra merah mengungkapkan bahwa pemandangan lain yang menggambarkan sungai yang dilintasi oleh jembatan pada awalnya ditarik ke sana menggunakan sejenis arang. Tidak jelas apakah seniman itu telah menggosok kertas bersih atau apakah arang telah memudar seiring waktu.

"Elemen-elemen yang muncul selama penelitian ini membuka perspektif baru tentang interpretasi atas "Landscape 8P" dan tentang bagaimana seniman (membangun) lanskap, pada tekniknya dan bahkan pada kebiasaan dan kemampuannya dalam menulis," kata Schmidt.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro