Menjadi Vegan Ternyata Bisa Memanjangkan Umur

Menjadi vegan memang keputusan yang tidak mudah bagi sebagian orang. Pasalnya, Anda harus rela meninggalkan makanan berbahan daging-dagingan, ikan, susu, dan telur, serta hanya mengonsumsi sayuran saja.
Eva Rianti
Eva Rianti - Bisnis.com 18 April 2019  |  14:25 WIB
Menjadi Vegan Ternyata Bisa Memanjangkan Umur
Daging merah berprotein - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA– Menjadi vegan memang keputusan yang tidak mudah bagi sebagian orang. Pasalnya, Anda harus rela meninggalkan makanan berbahan daging-dagingan, ikan, susu, dan telur, serta hanya mengonsumsi sayuran saja.

Namun, menjadi vegan dinilai mulia. Vegan merupakan bagian dari upaya advokasi untuk meningkatkan kesehatan pribadi dan bisa memanjangkan usia, bahkan secara tidak langsung bisa membantu melindungi lingkungan, dan menyelamatkan populasi hewan di dunia.  

Setidaknya ada tujuh alasan mengapa Anda perlu menjadi vegan. Berikut ini rinciannya, dilansir dari Medicaldaily, baru-baru ini.

Memperpanjang hidup

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa pola makan nabati dapat membantu mengurangi risiko penyakit dan kondisi berbahaya, termasuk diabetes dan obesitas. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa adopsi massal dari pola makan vegan dapat memotong 8,1 juta kematian per tahun.

Membantu mengurangi berat badan

Sebuah studi pada 2015 menunjukkan bukti bahwa diet vegan dapat membantu menurunkan berat badan berlebih. Dibandingkan dengan orang yang mengikuti diet daging, orang-orang yang mengkonsumsi lebih banyak sayuran kehilangan lebih banyak berat badan. Kehilangan lemak ekstra juga dapat membuat risiko penyakit jantung dan jenis kanker tertentu yang lebih rendah.

Membantu menyelamatkan lingkungan

Pertanian telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap emisi gas rumah kaca. Satu kilo daging sapi menghasilkan 27 kg CO2. Sebuah studi pada 2016 menyarankan bahwa pola makan vegan dapat membantu mengurangi emisi terkait makanan hingga 70% secara global.

Sebagian besar sayuran dan buah itu sehat

Makan cukup buah dan sayuran bisa memberi tubuh serat makanan penting, vitamin dan mineral, termasuk kalsium, kalium dan Vitamin C yang dapat meningkatkan kesehatan.

Membuat Anda wangi

Para peneliti sebelumnya menemukan bahwa keringat mereka yang makan makanan tanpa daging dan sebagian besar buah dan sayuran lebih menarik bagi orang lain. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa beberapa orang menemukan vegan memiliki bau yang beraroma bunga atau buah yang manis.

Aman untuk segala usia dan tahapan kehidupan

British Dietetic Association dan American Academy of Nutrition and Dietetics sepakat bahwa veganisme cocok dan aman untuk semua umur dan tahapan kehidupan. Kendati demikian, diperlukan program diet yang terencana dengan baik yang mengikuti pola makan yang sehat.

Namun, sebagai tambahan, mungkin hal itu berisiko bagi bati untuk vegan terlalu dini. Sementara untuk orang dewasa, manfaat kesehatan dari diet vegan bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Mempromosikan gaya hidup ‘hijau’

Menjadi vegan dapat membantu mengurangi jejak karbon dengan mengurangi kebutuhan akan produk hewani. Ini memiliki efek yang sama seperti daur ulang sampah rumah tangga dan bersepeda untuk bekerja.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
daging sapi, Vegetarian

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top