Tujuh Karakter Ini Bisa Anda Pelajari dari Orang Sukses

Orang-orang sukses kerapkali sulit terlupakan dalam ingatan. Itu karena mereka memiliki karakter-karakter tertentu yang membuat orang lain terkesan.
Tujuh Karakter Ini Bisa Anda Pelajari dari Orang Sukses Eva Rianti | 25 April 2019 07:19 WIB
Tujuh Karakter Ini Bisa Anda Pelajari dari Orang Sukses
Ilustrasi - Noonlife

Bisnis.com, JAKARTA – Orang-orang sukses kerapkali sulit terlupakan dalam ingatan. Itu karena mereka memiliki karakter-karakter tertentu yang membuat orang lain terkesan. 

Psikolog Amerika George S. Everly mengungkapkan bahwa setidaknya ada tujuh kriteria orang yang sukses dan mampu membuat banyak orang sulit melupakannya.

Pertama, optimisme. Ketika Anda bertemu dengan orang yang memiliki optimisme yang tinggi, secara tidak langsung dia akan mudah diingat. Orang seperti ini biasanya melihat sebuah gelas setengah penuh, sementara sebagian orang lain melihat gelas setengah kosong.

Kedua, bertanggung jawab. Orang yang sulit dilupakan adalah yang mengatakan satu hal dan melakukan hal tersebut sesuai dengan apa yang diucapkan. Orang seperti ini dikenal sebagai sosok yang menepati janji dan bertanggung jawab atas ucapan sekaligus tindakan yang dilakukan, termasuk juga bertanggung jawab terhadap kesalahan yang diperbuat.

Ketiga, kegigihan. Para ahli berpendapat, kriteria gigih atau ulet merupakan satu-satunya prediktor keberhasilan yang terbaik. Nyatanya, keberhasilan dalam atletik, bisnis, ataupun akademisi didasarkan pada keuletan.

“Anda telah mendengar kisah banyak orang terkenal yang gagal dari waktu ke waktu hanya untuk bertahan dan muncul dari kegagalan itu dengan sukses. Abraham Lincoln, Thomas Edison, Kolonel Harland Sanders, dan Ray Kroc, semuanya menderita kegagalan berulang kali sebelum mereka mengubah dunia,” tutur Everly, dilansir dari Psychologytoday.

Bahkan Presiden Calvin Coolidge pernah berkata, dibandingkan dengan bakat, kejeniusan, dan pendidikan, keuletan adalah maha kuasa.

Keempat, percaya diri. Keyakinan bersifat magnetis sehingga orang-orang yang memiliki kepercayaan diri seakan memancarkan energi positif bagi sekelilingnya.  

Sebuah penelitian yang dilakukan selama beberapa dekade menunjukkan bahwa kepercayaan diri menjadi ramalan yang memprediksi kebahagiaan dan kesuksesan. “Itu membuat kita tak terlupakan,” lanjutnya.

Kelima, rasa hormat. Orang-orang yang sukses kerapkali menghormati kegagalan yang dialami pada masa lalu sehingga ada rasa menghargai diri sendiri.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa keinginan terdalam sifat manusia adalah keinginan untuk dihormati dan dihargai. Percaya atau tidak, cara efektif untuk memenuhi keinginan tersebut adalah dengan menghormati dan menghargai orang lain, dengan keyakinan bahwa Anda akan mendapatkan respek dari mereka. Dengan begitu Anda tidak akan terlupakan.

Keenam, hubungan antarpribadi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kesepian membuat konsekuensi penyakit jantung yang sama kuatnya dengan merokok. Penelitian ini memberi informasi bahwa dukungan interpersonal adalah prediktor terbaik ketahanan manusia.

“Kita menjalankan hidup dengan harapan menemukan seseorang yang akan mendukung kita pada saat kekacauan. Ketika kita menemukan mereka, mereka menjadi tak terlupakan. Lalu, jika kita ada untuk orang lain di saat dibutuhkan dan kita tidak meminta apapun, maka kita menjadi tak terlupakan dan tak ternilai,” jelasnya.

Ketujuh, ketangguhan. Ketangguhan adalah kemampuan reaktif untuk bangkit kembali dari kesulitan. Dengan melakukan itu, Anda bisa menjadi orang yang tak terlupakan.

“Tetapi penelitian Johns Hopkins baru-baru ini telah menemukan jenis ketangguhan lain yang kita sebut resistensi. Pikirkan perlawanan sebagai bentuk kekebalan psikologis. Dengan ketahanan reaktif kita menjadi tak terlupakan. Dengan kekebalan psikologis kita menjadi tak terkalahkan,” tutupnya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tips sukses

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top