Ilustrasi/Istimewa
Fashion

Dari Batik Sampai Tas Mote, Belanja Produk UKM di Erkabe Shop

Tim Jelajah Sumatra 2019
Selasa, 30 April 2019 - 19:12
Bagikan

Bisnis.com, CILEGON--Tiap daerah pasti memiliki produk unggulan ciri khasnya sendiri, termasuk Cilegon. Produk khas daerah ini pun kerap jadi pilihan sebagai buah tangan atau oleh-oleh.

Bagi yang kebetulan berpergian via Pelabuhan Merak dan mencari buah tangan khas Cilegon, tak perlu bingung. Tinggal mampir ke Dermaga 6 Eksekutif dan Anda akan menemukan Erkabe Shop yang menjual berbagai produk UKM khas daerah satu ini.

Di Erkabe Shop, ada macam-macam produk khas Cilegon yang dipajang, baik kriya maupun berbagai camilan. Salah satu yang khas adalah Batik Krakatoa yang disebut sebagai batik khas Cilegon. Nama Krakatoa sendiri berasal dari Gunung Krakatau yang memang jadi ikon Selat Sunda.

Kriya lain yang juga terkenal adalah tas mote. Tas yang kebanyakan bermodel tas jinjing ini terbuat dari rangkaian mote. Ada dua jenis mote yang biasa digunakan, mote kayu untuk versi yang lebih otentik dan mote akrilik untuk versi modern.

Ada pula penganan khas Cilegon yakni kue gipang yang terbuat dari beras ketan. Kue ini menjadi salah satu camilan masyarakat Cilegon yang selalu ada di saat hari raya.

Erkabe Shop merupakan satu gerai yang menjadi bagian dari Rumah Kreatif BUMN. Adapun Erkabe Shop yang ada di Dermaga 6 Eksekutif ini dikelola langsung oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Tak hanya itu, sebagian besar produk yang dijajakan di Erkabe Shop merupakan hasil produksi UKM binaan BNI di sekitar daerah Cilegon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : jelajah sumatra
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro