Sel kanker/Istimewa
Health

Mengenal Kanker Nasofaring, Penyebab Kematian Ustaz Arifin Ilham

Ria Theresia Situmorang
Kamis, 23 Mei 2019 - 08:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kabar duka datang dari Ustaz Arifin Ilham yang meninggal dunia pada Rabu (22/5/2019) di salah satu rumah sakit di Penang, Malaysia. 

Sosok yang dianggap guru di kalangan para artis ini meninggal dunia setelah berjuang melawan dua penyakit penyakit sekaligus yakni kanker kelenjar getah bening dan nasofaring stadium 4A.

Sementara, kanker kelenjar getah bening sudah tidak asing di telinga karena pernah diidap oleh almarhum komedian Olga Syahputra, tak banyak yang tahu soal kanker nasofaring. 

Jenis kanker yang biasa disebut kanker hidung ini adalah kanker yang berasal dari sel epitel nasofaring di rongga belakang hidung dan belakang langit-langit rongga mulut. 

Mengutip dari cancer.org, kanker nasofaring adalah jenis kanker yang menimbulkan gejala berupa benjolan pada tenggorokan, penglihatan kabur, hingga kesulitan membuka mulut.

Tidak seperti kanker lainnya, jenis kanker ini baru menunjukkan gejala pada stadium-stadium akhir. Namun, gejala awalnya, penderita biasanya mimisan berulang, hidung tersumbat terus menerus, pandangan mata ganda, dengungan di telinga dan kelenjar getah bening yang membengkak.

Penyakit ini umunya ditemukan pada laki-laki dan dipengaruhi adalah faktor lingkungan seperti iritasi oleh bahan kimia, asap, bumbu masakan, bahan pengawet, masakan yang terlalu panas, air yang memiliki kadar nikel yang cukup tinggi.

Mengonsumsi ikan bakar dan ikan asin juga termasuk salah satu penyebab peningkatan risiko penyakit kanker nasofaring menurut ahli kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro