Ilustrasi/Youtube
Relationship

5 Tips 'Grooming' Wawancara Kerja untuk Pria dan Wanita

Nancy Junita
Senin, 27 Mei 2019 - 10:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Saat bertemu seseorang untuk pertama kalinya, hanya perlu beberapa detik untuk menilai dan membentuk kesan pertama. Jika mendapat kesan yang baik, kita ingin mengenal orang itu lebih baik, tetapi jika tidak perlu upaya signifikan dari orang tersebut untuk mengubah pandangan orang lain.

Kesan pertama sangat penting, terutama pada pertemuan bisnis dan wawancara kerja, saat reputasi profesional Anda dipertaruhkan.

JobStreet.com, situs informasi lowongan kerja berbagi lima tips penting perawatan / grooming untuk wawancara kerja bagi pria dan wanita, Senin (27/5/2019).

Tips perawatan untuk pria

Jika Anda berpikir bahwa pria cenderung lebih mudah dalam hal perawatan dan berpakaian dibandingkan dengan wanita, Anda salah besar.

Tentu saja, pria memiliki pilihan pakaian yang cukup mudah dibandingkan dengan wanita, tetapi perawatan kebersihan mereka dapat lebih sulit, tergantung pada faktor-faktor tertentu.

1. Rambut pada wajah
Pria yang termasuk dalam kategori “berbulu” perlu memastikan mereka memangkas rambut wajah mereka agar tetap rapi, termasuk janggut atau kumis Anda serta rambut telinga dan bulu hidung.

2. Penataan rambut
Pilihlah produk penataan rambut yang menjaga rambut Anda tetap rapi dengan tampilan alami, daripada gel atau krim rambut yang menciptakan tampilan berminyak.

3. Pilihan pakaian

Pastikan setelan atau kemeja dan celana Anda baru dicuci, disetrika rapi, dan terkoordinasi dengan baik. Jika Anda melakukan wawancara untuk posisi yang kreatif atau berorientasi pada mode, Anda mungkin ingin mengambil kesempatan tersebut untuk mengekspresikan kepribadian Anda dengan pakaian yang lebih berwarna, sambil tetap menjadikannya profesional.

4. Aroma
Gunakan deodoran agar tetap segar dan kering, tetapi hindari cologne dan wewangian yang kuat. Anda tidak ingin mengalahkan pewawancara Anda dengan cara apa pun, termasuk dalam hal aroma.

5. Napas
Jika Anda seorang perokok, jangan merokok selama setidaknya setengah jam sebelum wawancara, dan jika Anda harus minum kopi sebelumnya, pastikan Anda memiliki permen mint. Anda tidak ingin mengganggu pewawancara dengan napas yang bau.
 
Tips perawatan untuk wanita

1. Rambut
Jika Anda memiliki rambut panjang, ikat kuncir kuda atau setidaknya pastikan rambut Anda rapi dan tidak berantakan.

2. Riasan
Hindari berdandan berlebihan. Less is more, ketika tujuan Anda adalah untuk terlihat profesional. Gunakan warna-warna segar dan alami dan jaga agar tetap sederhana dan ringan.

3. Pakaian

Sebaiknya Anda memilih setelan jas, rok, atau gaun cantik, ingatlah untuk tetap berpenampilan profesional. Jauhi potongan leher rendah, rok mini dan apa pun yang terlalu terbuka yang mungkin mengirim pesan yang salah. Aksesori harus dihindari atau gunakan sesederhana mungkin.

Jangan lupa alas kaki yang tepat — kenakan sepatu yang terlihat bagus tetapi jangan biarkan Anda meringis di setiap langkah. Sekali lagi, pengecualian untuk aturan di sini adalah jika Anda wawancara untuk posisi yang kreatif atau berorientasi mode, Anda diizinkan untuk menunjukkan warna dan kepribadian dalam penampilan Anda.

4. Aroma
Sama seperti pada pria, gunakan deodoran agar tetap segar dan kering, tetapi hindari parfum yang beraroma terlalu kuat.

5. Napas
Aturan sama yang berlaku untuk para pria - jangan merokok setidaknya setengah jam sebelum wawancara, dan bawa permen mint dalam tas Anda jika Anda perlu menyegarkan napas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro