Begini Efek Merokok Bagi Kulit Dan Rambut

Merokok tidak hanya berbahaya bagi kesehatan, namun juga terhadap kecantikan.
Eva Rianti
Eva Rianti - Bisnis.com 02 Juni 2019  |  11:30 WIB
Begini Efek Merokok Bagi Kulit Dan Rambut
Ilustrasi - Imt.ie

Bisnis.com, JAKARTA – Merokok tidak hanya berbahaya bagi kesehatan, namun juga terhadap kecantikan.  

Merokok merupakan kebiasaan yang bisa membuat Anda terlihat jauh lebih tua dari usia sebenarnya. Ini mengarah pada penuaan kulit, jerawat, kerontokan rambut, hingga kerusakan gigi.

Merokok dinilai dapat menyebabkan efek buruk dan tahan lama pada kecantikan Anda yang sulit untuk dipulihkan.

Dengan mengetahui dampak buruk merokok terhadap kecantikan, Anda mungkin akan mengambil langkah mundur terhadap rokok dan bergerak menuju gaya hidup yang lebih sehat.

Berikut efek berbahaya dari merokok terhadap kecantikan dan penampilan Anda, seperti dilansir dari Boldsky, baru-baru ini.

Penuaan Kulit

Merokok secara teratur sangat memengaruhi kulit Anda. Ini adalah pengamatan umum, bahwa orang-orang yang kecanduan merokok terlihat jauh lebih tua dari usia sebenarnya.

Kehadiran nikotin dalam rokok melemahkan aliran darah ke kulit. Sementara kulit Anda tidak mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan, dan dengan demikian memulai proses penuaan kulit.

Orang yang sudah merokok sejak lama akan melihat kerutan di sekitar mulut dan di sekitar mata. Penarikan bibir secara konstan saat merokok bisa menjadi alasan timbulnya kerutan di sekitar mulut.

Dan jika melihat lebih dekat, Anda akan menemukan kerutan di lengan bagian dalam. Meskipun, itu terjadi setelah bertahun-tahun merokok, efek merokok pada kulit Anda tidak dapat dipulihkan.

Jerawat

Pecandu merokok cenderung menderita jerawat. Merokok meningkatkan ekskresi sebum kulit dan mengurangi kadar vitamin E. Kelebihan sebum yang diproduksi di kulit akan menyumbat pori-pori kulit Anda dan akan menyebabkan berjerawat, terutama jerawat non-inflamasi.

Vitamin E bertindak sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas sehingga mengurangi kadar vitamin E akan mengurangi perlindungan kulit dan menyebabkan jerawat.

Bibir Gelap

Efek lain dari merokok secara teratur adalah menggelapnya bibir. Paparan nikotin yang konstan dapat menyebabkan perubahan warna bibir. Jika Anda perokok biasa, Anda akan menemukan bahwa warna perona pipi alami akan memudar setelah beberapa saat, yang mengarah ke bibir yang gelap dan bernoda. Panas yang konstan dan aliran darah yang lemah ke kulit Anda juga berkontribusi pada bibir yang gelap.

Lingkaran Hitam

Lingkaran hitam biasanya dikaitkan dengan kurang tidur. Tapi sayangnya, itu tidak selalu terjadi. Kebiasaan merokok juga berkontribusi terhadap munculnya lingkaran hitam pada mata.

Kulit Mengendur

Efek berbahaya lain dari merokok terus-menerus adalah kulit kendur. Merokok memengaruhi produksi kolagen kulit. Kolagen adalah protein yang bertanggung jawab atas elastisitas kulit. Pengurangan kolagen berdampak pada elastisitas kulit dan kulit Anda mulai melorot.

Jika Anda ingin mempertahankan kulit yang tampak muda dan sehat, merokok secara teratur adalah tindakan yang tidak boleh.

Jari Kuning

Merokok cenderung menodai jari-jari Anda. Faktanya, jari bernoda agak umum pada perokok berantai. Tembakau yang ada dalam rokok memiliki kecenderungan pewarnaan kulit dan jari-jari Anda menjadi kuning. Tidak hanya jari-jari Anda, merokok juga menodai kuku Anda.

Rambut Rontok

Tidak hanya bagi kulit, merokok juga memiliki efek berbahaya pada rambut. Rambut rontok adalah salah satu masalah rambut yang akan Anda hadapi jika Anda merokok secara teratur. Racun dalam tembakau menyebabkan kerusakan pada folikel rambut Anda dan dengan demikian menyebabkan rambut rontok.

Selain itu, merokok mempersempit pembuluh darah dan memperlemah sirkulasi darah. Ini juga salah satu alasan yang bisa menyebabkan rambut rontok.

Kerusakan Rambut

Merokok juga menyebabkan kerusakan rambut. Merokok secara teratur membuat rambut Anda kering, kusam, dan rapuh. Ini karena menyusutnya pembuluh darah yang berdampak pada sirkulasi darah di kulit kepala Anda. Kulit kepala Anda tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, dan itu menyebabkan kerusakan rambut.

Rambut Beruban Dini

Masalah rambut lain yang akan Anda hadapi jika kecanduan merokok adalah rambut mulai beruban. Penelitian telah menemukan bahwa orang yang merokok secara teratur cenderung mengalami rambut beruban sebelum usia 30 tahun.

Ini dapat dikaitkan dengan fakta bahwa merokok menghasilkan radikal bebas dan dapat merusak sel-sel yang memproduksi melanin. Melanin adalah pigmen yang bertanggung jawab atas warna rambut Anda, dan dengan demikian pengurangan produksi melanin akan menyebabkan rambut beruban.

Noda Gigi

Tembakau tidak hanya dapat menodai jari-jari, tetapi juga gigi. Anda akan melihat gigi menguning seiring waktu. Tidak hanya itu, merokok juga mempengaruhi gusi Anda dan juga dapat menyebabkan kerusakan atau kehilangan gigi, dan bahkan bau mulut.

Beberapa efek buruk dari merokok terhadap kecantikan dan penampilan Anda tersebut bisa menjadi informasi yang membuat Anda berpikir ulang tentang merokok. Namun yang jelas, tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan gaya hidup.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
merokok

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top