Menata Rumah Supaya Lebih Segar dan Hangat saat Idulfitri

Momen Lebaran ini sering kali dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi ke rumah sanak saudara. Begitu pun sebaliknya, banyak keluarga dan tamu yang datang bersilaturahmi ke rumah kita.
Dewi Andriani | 04 Juni 2019 06:49 WIB
Warga merawat tanaman sawi yang ditanam secara vertiminaponik di rumahnya, Sewu, Jebres, Solo, Selasa (21/2). - JIBI/Nicolous Irawan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Raya Idulfitri menjadi momen yang paling ditunggu oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia. Setelah berpuasa menahan segala hawa nafsu selama satu bulan lamanya, saatnya merayakan hari kemenangan.

Momen Lebaran ini sering kali dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi ke rumah sanak saudara. Begitu pun sebaliknya, banyak keluarga dan tamu yang datang bersilaturahmi ke rumah kita.

Pada saat ini lah dibutuhkan kelihaian dalam menata tampilan rumah agar terlihat lebih apik dan hangat dalam menyambut tamu di Hari Raya Idulfitri. 

Cosmas Gozali, Arsitek dari Atelier Cosmas Gozali, mengatakan pada saat hari raya sebaiknya ruang tamu dibuat lebih lega.

"Jangan terlalu banyak furniture dan barang-barang yang tidak perlu, disimpan saja dulu furniturnya. Pada saat Lebaran, lebih baik gunakan karpet agar para tamu dan keluarga bisa duduk bersama-sama. Untuk pilihan warnanya bisa cream atau hijau muda sehingga memberi kesan hangat dan segar,” ujarnya.

Begitu pula dengan meja makan, hindari terlalu banyak aksesoris karena pada saat Lebaran, fokus orang pasti lebih kepada makanan.

Untuk memunculkan kesan dan memori, pemilik rumah boleh juga memperbanyak jumlah foto-foto keluarga yang dipajang di ruang tamu. Sebab pada saat berkumpul bersama, pajangan foto di dinding bisa mengangkat memori dan bisa menjadi bahan perbincangan bersama keluarga yang mungkin sudah jarang bertemu.

Sementara untuk dekorasi gorden atau asesoris tambahan bisa dipilih warna-warna yang cerah tetapi tetap sejuk dan menyegarkan seperti kuning muda, hijau muda atau biru muda. Apalagi pada saat lebaran biasanya para tamu datang dengan pakaian yang berwarna-warni.

“Saat hari raya itu kan banyak yang datang, jangan sampai menghadirkan warna memberi kesan panas seperti orang atau merah. Jangan pula memilih warna abu-abu atau cokelat tua karena itu tidak memberi suasana yang prestige ” tuturnya.

Cosmas juga tidak menyarankan untuk membeli furniture baru. Untuk memberi kesan baru dan unik, bisa membeli beberapa asesoris bantal dengan corak warna stabilo, yang bisa dicuci dan disimpan untuk digunakan kembali. 

“Jadi untuk memberi suasana baru, mainnya di aseseoris saja karena kalau mengganti sofa baru itu kan mahal banget. Atau bisa juga memberi tatakan yang unik di atas meja makan,” katanya.

Untuk yang rumahnya minimalis, bisa menambahkan kaca di ruang tamu sehingga memberi kesan yang lebih luas. Selain itu bisa juga mengganti bohlam dengan kapasitas yang lebih terang untuk ruang makan maupun ruang tamu.

Agar memberi kesan sejuk, bisa juga menambahkan tanaman baru di halaman rumah sedangkan untuk di dalam rumah bisa memberi beberapa bunga seperti sedap malam, dan melati.

“Karena kita kan banyak tamu, agar ruangan segar dan sejuk bisa diberi tambahan bunga. Bisa pula ditambah dengan cengkeh dan sitrus, atau daun jeruk diiris-iris lalu ditambah bunga melati itu akan merubah suasana menjadi lebih fresh.”

 Pilihan Warna : Kuning Muda, Hijau Muda, Biru Muda

Hindari Warna : Merah, Orange, Hitam, Cokelat Tua

Pilihan Tanaman : Sedap Malam, Melati

Agara Lebih Segar dan Wangi : Beri Tambahan Cengkeh, Sitrus, Daun Jeruk, dan Melati

Pajangan : Perbanyak Foto Keluarga, Tambahkan Kaca di Ruang Tamu

Tidak perlu membeli furniture baru

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
interior, lebaran, idulfitri

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top