Penyakit yang Banyak Diderita Pemudik & Cara Penanganannya

Petugas posko kesehatan mudik Lebaran 2019 telah memeriksa sebanyak 44 pemudik menggunakan sepeda motor dan mobil pribadi melintasi jalan Raya Serang.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 06 Juni 2019  |  18:03 WIB
Penyakit yang Banyak Diderita Pemudik & Cara Penanganannya
Ilustrasi - Pemudik motor - Bisnis/Antara/Asep Fathulrahman

Bisnis.com, TANGERANG - Petugas posko kesehatan mudik Lebaran 2019 telah memeriksa sebanyak 44 pemudik menggunakan sepeda motor dan mobil pribadi melintasi jalan Raya Serang yang mayoritas mengalami batuk dan darah tinggi.

"Ketika mengendarai sepeda motor dianjurkan menggunakan masker penutup mulut dan hidung karena banyak debu beterbangan," kata petugas posko kesehatan, Intan Purnama Sari di Tangerang, Kamis (6/6/2019).

Intan mengatakan, salah satu penyebab pengendara terkena batuk karena polusi udara terhirup akibat tanpa masker. Dia mengatakan bahwa dalam catatan medis pemudik di Pos Pelayanan Mudik Lebaran 2019 di kawasan Citra Raya, Kecamatan Cikupa bahwa ada juga yang terkena pusing dan penyakit lambung.

Petugas memberikan obat batuk sirup kepada pemudik atau petugas seusai pemeriksaan dan diharapkan mereka untuk istirahat beberapa waktu.

Intan yang juga petugas medis di Puskesmas Binong, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang itu menyarankan kepada pemudik untuk tetap menjaga kesehatan selama dalam perjalanan.

Namun pemudik yang melintasi jalan Raya Serang dominan menggunakan sepeda motor, merupakan jalur utama ke beberapa kota di Lampung, Sumatra Selatan dan Bengkulu atau sebaliknya.

Jalur mudik nasional nontol itu adalah satu-satunya yang dilalui ketika hendak menyeberang ke Sumatra melalui Pelabuhan Merak, Banten menuju Bakauheni, Lampung. Dia mengatakan, biasanya pemudik setelah mengalami batuk akan terasa mual dan tidak jarang juga muntah.

Pihaknya menyarankan pengedara motor yang merasa mual sebaiknya istirahat di areal yang sudah disediakan karena dapat mengganggu perjalanan. Intan dan rekan medis lainnya bahkan tidak hanya memeriksa kesehatan pemudik tetapi juga petugas yang siaga 24 jam di pos pelayanan tersebut.

Pos pelayanan lalu lintas tersebut juga terdapat petugas dari Polresta Tangerang, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten, Dishub Kabupaten Tangerang, Satpol PP dan anggota pramuka.

Pos kesehatan itu juga menyediakan ambulans dan dokter siaga untuk melayani medis pemudik dan petugas selama H-7 hingga H+7 Lebaran.
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
penyakit, mudik lebaran 2019

Sumber : Antara

Editor : Yusuf Waluyo Jati
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top