Intip Khasiat Centella Asiatica untuk Kesehatan Kulit

Tanaman itu disebut-sebut memiliki kandungan anti-inflamasi dan kaya antioksidan sehingga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan kulit seperti mengatasi kulit kering, gatal, kemerahan, dan kulit sensitif.
Ana Noviani
Ana Noviani - Bisnis.com 07 Juni 2019  |  12:41 WIB
Intip Khasiat Centella Asiatica untuk Kesehatan Kulit
ilustrasi centella asiatica. - pingpoint.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkah Anda mendengar tanaman centella asiatica? Tumbuhan itu kini menjadi bahan alami yang banyak digunakan oleh perusahaan kosmetik untuk membuat produk perawatan kulit.

Centella asiatica dikenal juga sebagai gotu kola. Di Indonesia disebut pegagan atau antanan. Tanaman itu disebut-sebut memiliki kandungan anti-inflamasi dan kaya anti-oksidan sehingga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan kulit seperti mengatasi kulit kering, gatal, kemerahan, dan kulit sensitif.

Tanaman yang banyak tumbuh di Asia, India, Afrika, dan Amerika tengah itu kini banyak digunakan oleh produk skincare. Mulai dari pencuci muka, toner, serum, hingga ampule dan masker. Berikut sejumlah manfaat centella asiatica.

- Meningkatkan kelembaban kulit

Sebuah studi ilmiah mengungkap bahwa penggunaan produk skincare yang mengandung formula 5% ekstrak centella asiatica dalam 4 minggu dapat meningkatkan hidrasi kulit dan meningkatkan moisture barrier sebesar 25%. Efeknya hampir serupa dengan lidah buaya atau aloe vera.

- Mengurangi sensitivitas kulit terhadap iritasi

Centella asiatica diketahui mengandung zat anti-inflamasi yang dapat melindungi kulit dan mengurangi sensitivitas kulit yang dapat menyebabkan iritasi. Kandungan anti-inflamasi dan antioksidan dalam pegagan disebut dapat mengurangi kemerahan kulit (erythema), mengembalikan tingkat kelembaban kulit ke level pH yang optimal.

- Manfaat anti-aging

Ekstrak tanaman ini juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas serta kekenyalan kulit karena mengandung senyawa madecassoside.

- Menenangkan dan mempercepat penyembuhan jerawat dan kulit sensitif

Tanaman yang juga dikenal sebagai cica ini juga dikenal ampuh untuk merawat kulit berjerawat. Cica dapat mempercepat penyembuhan jerawat dan mencegah bekas jerawat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kesehatan

Sumber : www.marieclaire.com, www.koreanskincaretips.co

Editor : Ana Noviani
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top