7 Cara Tidur Nyenyak saat Suhu Udara Panas

Dengan suhu udara yang semakin panas beberapa hari terakhir, pengeluaran untuk biaya listrik pastinya juga meningkat dengan pemakaian air conditioner (AC) atau kipas angin. Namun meski begitu, masih banyak saja orang yang tidak bisa nyenyak di kondisi seperti ini.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 08 Juni 2019  |  13:23 WIB
7 Cara Tidur Nyenyak saat Suhu Udara Panas
Cuaca panas - themetrognome.in

Bisnis.com, JAKARTA - Dengan suhu udara yang semakin panas beberapa hari terakhir, pengeluaran untuk biaya listrik pastinya juga meningkat dengan pemakaian air conditioner (AC) atau kipas angin. Namun meski begitu, masih banyak saja orang yang tidak bisa tidur nyenyak di kondisi seperti ini.

Bagaimana cara mengatasinya?

Dikutip dari TimesofIndia, ini dia berbagai cara agar Anda bisa tidur nyenyak saat cuaca panas:

1. Pastikan suhu udara dalam kamar tidak pengap

Siapkan kamar terutama kasur tempat tidur Anda sebelum beristirahat. Tutup rapat-rapat pintu dan jendela kamar jika diperlukan untuk menghindari suhu udara yang panas masuk ke kamar.

2. Usahakan temperatur badan tetap stabil

Jagalah temperatur titik nadi Anda dengan cara mendinginkan leher dan pergelangan tangan Anda dalam beberapa waktu untuk menjaga temperatur badan Anda tetap stabil. Dinginkan handuk basah dan letakkan beberapa menit di daerah leher dan pergelangan tangan Anda untuk efek menenangkan. Urat nadi sangat dekat dengan kulit, sehingga menempatkan handuk dingin di sekitar daerah yang paling dekat dengan urat nadi akan membantu temperatur badan Anda tetap stabil.

3. Mandi dengan air hangat

Mungkin hal ini terdengar aneh, namun air hangat akan membantu Anda tidur dengan nyenyak. Mandi dengan air hangat membantu badan Anda beradaptasi dengan suhu udara panas.

4. Perhatikan makanan dan minuman

Cobalah untuk menghindari makanan berlemak dan berminyak sebelum tidur. Sistem percernaan Anda juga harus bekerja lebih keras di malam hari saat Anda makan makanan tersebut, yang alhasil akan memproduksi panas berlebih dalam tubuh. Tambahan lagi, jangan sekali-sekali minum alkohol saat ingin tidur nyenyak karena hanya akan membuat tubuh Anda kepanasan.

5. Pakailah pakaian yang nyaman

Pakailah pakaian yang nyaman dan ringan untuk kualitas tidur yang lebih baik. Pilihlah bahan pakaian yang alami seperti katun karena bahan ini mampu menyerap keringat dengan cepat.

6. Cabut peralatan elektronik yang tidak dipakai

Peralatan elektronik yang ada di rumah Anda juga menghantarkan panas sehingga membiarkan alat elektronik Anda terhubung ke jaringan listrik hanya akan membuat ruangan Anda semakin panas.

7. Usahakan tidur di ruangan lantai dasar

Jika hunian Anda bertingkat saat ini, usahakan untuk tidur di lantai satu atau lantai paling dasar rumah. Ruangan yang berada di lantai dasar biasanya akan lebih dingin dibandingkan kamar di lantai atas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Cuaca, tidur, iklim

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top