bayi tertidur/dailymail.co.uk
Health

Tips Agar Bayi Baru Lahir Tidak Mudah Sakit

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 13 Juni 2019 - 12:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bayi yang baru lahir sangat rentan terkena sakit karena ketahanan tubuhnya belum sempurna.

Karena itu, merawat bayi yang baru lahir memerlukan kesabaran dan ketelatenan orang tuanya.  Bahkan sudah umum diketahui, bayi baru lahir hingga berusia balita umumnya rentan terkena penyakit.

Mereka mungkin membutuhkan perhatian terus-menerus dan harus dipantau 24/7, kadang-kadang, bahkan ketika mereka sedang tidur. Instruksi dokter Anda digabungkan dengan naluri keibuan Anda pasti akan membantu Anda terbiasa dengan bayi.

Bayi dilahirkan dengan organ yang berfungsi penuh yang mulai bekerja begitu mereka tiba di dunia ini. Meskipun mereka terlahir dengan kekebalan terhadap penyakit tertentu, sistem kekebalan mereka masih berkembang, yang membuat mereka rentan terhadap penyakit. Lebih buruk lagi, bayi yang baru lahir tidak dapat mengatur suhu tubuh mereka, sehingga meningkatkan kemungkinan mereka sakit.

Bayi yang baru lahir tidak diharapkan jatuh sakit setelah lahir karena anti-tubuh yang mereka peroleh dari ibu pada saat kelahiran. Namun, hal-hal mungkin berubah ketika mereka sekitar 1-2 bulan dan saat itulah Anda harus berhati-hati dengan mereka untuk menghindari kontak dengan berbagai mikroba penyebab penyakit.

Karena pengembangan sistem kekebalan tubuh bayi Anda membutuhkan waktu, itu terserah Anda untuk menjaga mereka dari bahaya. Selain mencuci dan membersihkan barang-barang bayi secara teratur, mungkin ada cara lain untuk mencegah bayi jatuh sakit. Baca terus untuk mengetahui lebih banyak.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu menjaga bayi Anda dari jatuh sakit

Jaga Bayi tetap Hangat

Ini adalah hal terpenting yang perlu Anda ingat. Mungkin perlu waktu bagi bayi untuk mempelajari cara mengatur suhu tubuh mereka. Sementara itu, Anda harus melakukan pekerjaan itu. Penting untuk menjaga bayi Anda dalam suhu optimal karena mereka bisa jatuh sakit jika mereka terlalu dingin.

Kontak kulit-ke-kulit adalah cara terbaik untuk memastikan mereka hangat dan nyaman. Penting juga untuk menjaga bayi Anda dibungkus dengan benar sehingga mereka merasa berada di dalam rahim Anda, yang membuat mereka bahagia dan pada gilirannya mengkatalisasi perkembangan sistem kekebalan tubuh mereka.

Cuci tanganmu

Kita bahkan tidak bisa membayangkan jumlah kuman yang dikumpulkan tangan kita setiap hari. Sementara beberapa tidak berbahaya bagi orang dewasa, kebanyakan dari mereka mengancam jiwa bayi. Pastikan untuk mendikte ini kepada siapa pun yang mengunjungi bayi Anda juga. Kesehatan bayi Anda harus menjadi prioritas Anda.

Jangan Biarkan Orang Asing Mencium Bayi Anda

Mungkin ada banyak orang asing di rumah sakit yang mungkin ingin memeluk atau mencium bayi Anda. Anda tidak pernah tahu di mana mereka berada atau apa yang mereka bawa. Ada beberapa kasus aneh di Internet tentang bayi yang baru lahir tertular penyakit menular yang mengancam jiwa oleh ciuman orang yang terkena dampak. Jangan biarkan siapa pun, sembarang orang menangani bayi Anda.

Menyusui Bayi

Terlepas dari faktor-faktor luar, penting untuk melindungi bayi Anda dari dalam juga. Dan cara apa yang lebih baik dari ASI? ASI Anda adalah satu-satunya yang dibutuhkan bayi Anda untuk tumbuh sehat dan membangun sistem kekebalan yang kuat untuk dirinya sendiri. Jangan pernah menyangkal bayi Anda dari ASI Anda karena ini adalah hadiah paling penting yang akan Anda berikan kepada mereka, yang akan membentuk kesehatan mereka dalam jangka panjang.

Sering Cuci

Ini tidak perlu dikatakan lagi. Meskipun, Anda mungkin sering mencuci pakaian bayi Anda, penting juga untuk mencuci pakaian Anda dan semua orang yang sering berhubungan dengan bayi Anda. Untuk mempermudah, Anda dapat memiliki satu set pakaian umum yang Anda kenakan saat bersama bayi. Ini tidak akan memberi tekanan pada beban cucian Anda juga. Mikroba sangat sial dan sering menempel pada pakaian. Penting juga untuk merendam pakaian Anda terlebih dahulu dalam cairan sanitasi sebelum melanjutkan dengan pencucian untuk menghilangkan semua sisa kuman.

Jangan Lewatkan Vaksinasi

Anda disarankan untuk secara ketat mengikuti jadwal vaksinasi bayi Anda karena itu akan memberikan perisai alami kepada bayi Anda untuk melawan penyakit. Vaksinasi yang tepat dan tepat waktu akan memberikan bayi Anda perlindungan terhadap penyakit seperti batuk rejan dan tetanus. Pastikan untuk mengikuti bagan vaksinasi yang diberikan oleh dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro