Mengenal Penyebab Kanker Otak, Penyakit Yang Diidap Agung Hercules

Agung diketahui sudah mengidap kanker otak sejak setahun lalu dan ia sudah menjalani kemoterapi. Agung kini terbaring di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 17 Juni 2019  |  19:01 WIB
Mengenal Penyebab Kanker Otak, Penyakit Yang Diidap Agung Hercules
Otak - medicaldaily.com

Bisnis.com, JAKARTA – Dunia hiburan kembali digertak dengan berita dari mantan binaragawan sekaligus penyanyi dangdut Agung Hercules yang diketahui diserang penyakit mematikan, kanker otak.

Sosoknya yang selalu ceria dan bersemangat perlahan-lahan pudar dengan kondisinya yang tak lagi membaik saat ini.

Agung diketahui sudah mengidap kanker otak sejak setahun lalu dan ia sudah menjalani kemoterapi. Agung kini terbaring di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang.

Dilansir dari laman cancer.org, penyebab dari kanker otak bisa terdiri dari berbagai macam, seperti yang dipaparkan sebagai berikut.

Faktor Genetik

Salah satu faktor utama mengapa seseorang bisa mengidap kanker otak adalah karena masalah genetik termasuk didalamnya riwayat penyakit kanker dari keluarga. Sel manusia biasanya berkembang melalui DNA, seperti kanker jenis lainnya, kemungkinan untuk mengidap penyakit kanker otak bisa jadi karena turunan.

Merokok

Salah satu penyebab kanker otak lainnya selain faktor genetik adalah kebiasaan merokok. Meski kebiasaan merokok lebih besar kemungkinan menyerang paru-paru, namun potensi untuk mengidap penyakit kanker otak juga tak kalah besarnya. Mengingat rokok mengandung bahan kimia yang dapat merusak sel di otak.

Makanan yang Tidak Sehat

Ada dua tipe makanan yang dapat meningkatkan risiko kanker otak diantaranya pemanis buatan, makanan asin, daging merah berlemak, daging olahan hingga alkohol.

Usia Lanjut

Meski semua umur bisa berpotensi mengidap kanker otak, orang yang memiliki usia lanjut bisa jadi berpotensi mengidap penyakit kanker otak dibandingkan orang lebih muda. Hal ini dikarenakan sistem imunnya untuk melawan sel penyakit sudah mulai renta.

Pernah Obesitas

Risiko kanker otak bagi orang yang pernah atau sedang obesitas menjadi sangat tinggi mengingat gaya hidupnya yang kurang terjaga. Maka dari itu, jagalah agar Body Mass Index (BMI) Anda, tetap berada di angka 25 ke bawah.

Mengidap HIV/AIDS

Penderita HIV/AIDS lebih tinggi risikonya untuk mengidap penyakit kanker otak dibandingkan beberapa penyebab diatas mengingat penderita penyakit ini umumnya sangat rentan dengan sel kanker dan sistem imunnya yang sangat rendah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kanker

Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top