5 Fakta Rich Brian, Rapper Populer Amerika Asal Indonesia Yang Diundang Presiden Jokowi

Bagi Anda yang masih asing dengan nama Rich Brian, pria berusia 19 tahun ini sebenarnya sangatlah populer di Amerika Serikat.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 08 Juli 2019  |  09:36 WIB
5 Fakta Rich Brian, Rapper Populer Amerika Asal Indonesia Yang Diundang Presiden Jokowi
Brian Rich saat bertemu Jokowi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang masih asing dengan nama Rich Brian, pria berusia 19 tahun ini sebenarnya sangatlah populer di Amerika Serikat. 

Terlahir dengan nama Brian Imanuel Soewarno, ia adalah rapper, penyanyi, produser, dan penulis lagu yang ketenarannya bahkan mungkin melebihi Agnez Mo saat debut di negeri paman sam. 

Akhir pekan lalu, Rich Brian secara khusus diundang oleh Presiden Joko Widodo dan keduanya berbicara tentang perkembangan musik baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Siapakah Rich Brian sebenarnya? Berikut rangkumannya;

Tenar dengan nama Rich Chigga lewat Single Debut Dat $tick

Sebelum tenar dengan nama Rich Brian, ia lebih tenar dengan nama debut awalnya sebagai Rich Chigga. 

Sebelum berpaling ke dunia musik, ia beberapa kali pernah mengunggah konten dark comedy dengan nama panggung Brian Imanuel.

Rich Brian debut dengan single berjudul Dat $tick di tahun 2016 melalui platform Youtube dan mendapatkan banyak sekali pengakuan tentang karya musiknya dari sana. Sampai dengan saat ini, video Dat $tick sudah ditonton lebih dari 122 juta dalam tiga tahun. 

Punya masa-masa remaja yang sendirian saat tinggal di Indonesia

Rich Brian dalam wawancaranya dengan Genius menyebutkan kalau ia tidak punya teman selama tinggal di Indonesia karena ia menjalani program homeschooling. 

Ia mengakui kalau selama tinggal di Indonesia, kegiatan yang paling berkesan hanyalah mengunjungi klub malam bahkan di saat usianya masih di bawah umur. Ia akhirnya diajak untuk memproduksi sebuah single oleh temannya karena memang ketertarikannya di dunia hip hop.

Bangga mengakui sebagai orang Indonesia

Dalam beberapa wawancaranya, Rich Brian mengaku kalau banyak sekali orang yang tak tahu darimana ia berasal. Hal ini diperparah dengan banyaknya kasus terorisme di Indonesia pada awal debutnya yang membuat nama Indonesia jelek di mata orang Amerika Serikat. 

Pelantun lagu Amen tersebut sampai sekarang masih bangga mengatakan kalau ia adalah orang Indonesia yang memiliki keturunan China. Ia sekali lagi merasa bangga karena karya musiknya, Indonesia menjadi lebih dikenal di Amerika Serikat. 

Tidak terpengaruh dengan kehidupan barat

Pria yang mengakui kalau ia belajar bahasa Inggris dari platform Youtube ini, mengatakan kalau ia sama sekali tidak punya niatan untuk merendahkan kaum minoritas yang menjadi kontroversi di masa debut awalnya karena memakai nama panggung Rich Chigga yang terkesan seperti nama rapper kulit hitam. 

Rich Brian sendiri mengatakan kalau tidak ada niat sedikitpun darinya untuk menyinggung perasaan minoritas karena ia pun tidak lahir di Amerika Serikat dan merupakan keturunan China. Sampai sekarang, ia pun berujar meski alur musik yang tekuni adalah hip hop yang terkesan gelap, Rich Brian sama sekali tidak pernah menyentuh rokok, narkoba dan jarang minum alkohol. 

Masuk dalam jajaran 30 anak muda paling berpengaruh di dunia hiburan dan olahraga versi majalah Forbes di tahun 2018

Karena pencapaiannya yang luar biasa di dunia musik, Rich Brian terpilih sebagai daftar 30 anak muda di bawah usia 30 tahun yang sangat berpengaruh di dunia hiburan dan olahraga versi majalah Forbes di tahun 2018 bersama dengan boyband asal Korea Selatan BTS dan pemain bulutangkis asal India, P.V. Shindu. 

Ia juga pernah memenangkan penghargaan dalam acara Indonesian Choice Award yakni di kategori Breakthrough Artist of the Year di tahun 2017 dan kini sedang sibuk-sibuknya promosi untuk singlenya berjudul Yellow.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
rapper korea

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top