Ilustrasi perceraian/dwdignity.com
Relationship

5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Membuat Pasangan Menjauh

Mia Chitra Dinisari
Senin, 15 Juli 2019 - 11:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perpisahan antara sepasang suami istri atau pasangan kencan bisa disebabkan banyak hal.

Misalnya saja perselingkuhan, masalah ekonomi dan personality. Itu adalah tiga hal yang paling utama menjadi penyebab percekcokan dan perpisahan sebuah hubungan.

Ada juga masalah kebiasaan buruk yang dilakukan pasangan yang bisa memicu perpisahan. Ini kaitannya juga dengan faktor personaliti tadi.

Perilaku tertentu adalah umum dan dapat dikelola ketika jarang terjadi. Tetapi ketika mereka menjadi kebiasaan, bisa berubah menjadi menjengkelkan dan merusak hubungan.

Berikut beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat pasangan menjadi menjauh seperti dikutip dari pscyology today.com:

Berikut adalah lima kebiasaan yang cenderung mendorong pasangan Anda menjauh dan menciptakan jarak emosional.

1. Terlalu banyak kritik.

Rasio emas untuk komunikasi adalah bahwa 80 persen dari apa yang Anda katakan harus positif atau netral dan hanya 20 persen yang harus kritis atau direktif.

Tetapi pada beberapa pasangan, rasio itu hampir kebalikannya. Ketika salah satu anggota pasangan itu terus-menerus menyuarakan ketidakpuasan dan keluhan, itu dapat benar-benar melemahkan semangat bagi yang lain, yang kemudian mulai merasa seolah-olah mereka tidak dapat melakukan hal yang benar, dan sebagai hasilnya, mereka mulai bertindak secara emosional.

2. Selalu berargumen

Ketika salah satu anggota pasangan adalah komunikator yang jauh lebih baik tentang masalah emosional daripada yang lain, itu memberi mereka keuntungan yang tidak adil selama pertengkaran dan konflik.

Pasangan yang tidak berkomunikasi dengan baik atau yang tidak bisa mengekspresikan pikiran dan perasaan mereka dengan lancar kemungkinan akan kehilangan sebagian besar argumen sebagai hasilnya, bahkan ketika mereka berada di pihak yang benar. Seiring waktu, mereka belajar bahwa tidak ada gunanya berdebat atau mengemukakan kekhawatiran, karena mereka tidak pernah bisa menang, sehingga mereka tutup dan menarik diri.

3. Kurang empati terhadap tekanan emosional.

Ketika salah satu anggota pasangan berada dalam tekanan emosional, dan pasangan mereka gagal menunjukkan belas kasih atau empati, itu dapat memiliki dampak yang menghancurkan. Kami berharap pasangan kami menjadi orang yang paling kami andalkan untuk dukungan dan kasih sayang selama masa-masa sulit, dan ketika mereka berulang kali gagal dalam tugas ini, adalah umum bagi pasangan yang tidak didukung untuk menarik diri dan mencari untuk memenuhi kebutuhan emosional di tempat lain.

4. Mengabaikan keluhan penting.

Jika seseorang seringkali mengeluhkan atau mengadukan sesuatu namun pasangannya tidak menghiraukannya, maka dia akan merasa tidak dianggap dan bukan hal penting bagi pasangannya.

Jika hal itu terjadi, bisa saja mereka lebih memilih mengadukan masalahnya pada orang lain yang dianggap lebih peduli/\.

5. Technoference.

Terlalu banyak dari kita yang kecanduan ponsel dan layar kita dan memberi banyak perhatian daripada yang kita lakukan pada pasangan kita. Ketika ponsel terus-menerus dilihat atau digunakan selama makan malam, saat menonton acara bersama, di tengah percakapan, dan ya, bahkan selama momen intim, itu dapat memiliki efek dramatis pada suasana hati, kebahagiaan, dan kepuasan hubungan pasangan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Psychologytoday.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro