Festival Film Mahasiswa Indonesia (FFMI) 2019/Istimewa
Entertainment

Film Karya Mahasiswa UMM Berjaya di FFMI 2019

Newswire
Rabu, 24 Juli 2019 - 06:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA  - Film pendek karya mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur berhasil meraih penghargaan dalam Festival Film Mahasiswa Indonesia (FFMI) 2019.

"Pesan yang terkandung dalam film ini sesuai tema FFMI tahun ini yakni 'Indonesia Gemilang'.

“Film berdurasi 10 menit ini menceritakan tentang betapa banyaknya kebudayaan Indonesia yang patut dilestarikan di tengah terpaan budaya luar (K-pop) di Indonesia," kata Septiana Lukita, sutradara sekaligus penulis skrip film yang dilombakan tersebut di Malang, Selasa (23/7/2019).

Tim UMM memenangi kategori Ide Cerita Terbaik yang diselenggarakan di Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya Lampung, Sabtu (20/7/2019).

Melalui film "Kim Soo Ri", kelompok praktikum Route Cinema yang diproduseri Eka Aprilda Astrid ini berhasil maju di putaran final gelaran FFMI 2019.

Dari ratusan film yang turut serta, Kim Soo Ri berhasil masuk ke 60 besar terbaik dan berlanjut ke tahap 20 besar.

Di sana mereka mempresentasikan film yang dibuat tahun 2017. Selain itu, film ini berhasil masuk dalam 5 kategori nominasi dari 10 kategori penghargaan yang diperebutkan. Di antaranya Aktris Film Mahasiswa Terbaik, Penata Musik Film Mahasiswa Terbaik, Ide Cerita Film Mahasiswa Terbaik, Penyunting Gambar Film Mahasiswa Terbaik, hingga Film Mahasiswa Terbaik.

Sebelum diikutkan lomba, film Kim Soo Ri punya durasi 15 menit. Sementara, panitia FFMI mensyaratkan film berdurasi maksimal 10 menit.

Lukita mengaku syarat ini menjadi tantangan terbesar buat timnya. Alhasil, ia harus memotong beberapa scene, dengan tanpa mengurasi esensi yang ingin disampaikan.

"Saya harap ini dapat menjadi pemicu untuk mahasiswa lain agar dapat melahirkan karya film yang berkualitas selanjutnya, serta melakukan riset yang sedang berkembang di masyarakat, sebelum diaplikasikan dalam sebuah film," kata Rahadi selaku dosen pembimbing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro