Penonton TV Menurun, 47 Persen Rumah di Inggris Berlangganan Layanan Streaming

Hampir separuh rumah di Inggris berlangganan layanan streaming seperti Netflix, Amazon Prime Video, Now TV atau Disney Life.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 07 Agustus 2019  |  17:40 WIB
Penonton TV Menurun, 47 Persen Rumah di Inggris Berlangganan Layanan Streaming
sumber: Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Hampir separuh rumah di Inggris berlangganan layanan streaming seperti Netflix, Amazon Prime Video, Now TV atau Disney Life. Menurut regulator media Ofcom, animo menonton TV tradisional terus menurun.

Sekitar 13,3 juta rumah tangga atau 47% dari seluruh keluarga di Inggris, telah mendaftar ke layanan paling populer tersebut, naik dari 11,2 juta pada 2018.

Angka-angka tersebut menggarisbawahi perubahan dramatis dalam pola menonton dalam waktu kurang dari satu dekade ketika perusahaan streaming mengambil pangsa pasar dari penyiar tradisional seperti BBC, yang didanai publik dan pemimpin komersial ITV.

Penonton TV masih menghabiskan 70% dari waktu menonton dengan penyiar seperti BBC dan ITV, kata Ofcom, tetapi mereka menonton TV tradisional kurang lebih 50 menit setiap hari dibandingkan pada tahun 2010.

Pergeseran ini paling menonjol di antara orang berusia antara 16 dan 24 tahun, yang menonton TV tradisionalnya berkurang separuh pada waktu itu.

"Cara kita menonton TV berubah lebih cepat daripada sebelumnya," kata strategi Ofcom dan direktur grup riset Yih-Choung Teh, seperti dilansir Reuters, Rabu (7/8/2019).

"Dalam kurun waktu tujuh tahun, layanan streaming telah berkembang dari nol hingga mencapai hampir setengah dari rumah Inggris."

Netflix adalah layanan streaming paling populer, dengan 11,5 juta pelanggan di Inggris pada kuartal pertama 2019. Sementara Amazon Prime Video memiliki 6 juta pelanggan dan Now TV memiliki 1,6 juta pelanggan.

Rata-rata penayangan harian pada layanan streaming naik tujuh menit pada tahun lalu menjadi 26 menit pada tahun ini. Sementara tampilan platform berbagi video YouTube meningkat 6 menit menjadi 34 menit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Media Streaming

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top