JFFF Gelar Fashion Show di LRT Jakarta, Ini Hasilnya

Menampilkan 16 koleksi khusus yang sekaligus melambangkan JFFF ke-16, merupakan hasil karya dari 11 desainer unggulan dan 5 UKM terpilih dari 108 booth yang ada di Fashion Village, yaitu ekshibisi mode yang menampilkan produk ready to wear, aksesoris, serta ragam kain Nusantara.
M. Taufikul Basari
M. Taufikul Basari - Bisnis.com 13 Agustus 2019  |  23:13 WIB
JFFF Gelar Fashion Show di LRT Jakarta, Ini Hasilnya
Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) 2019 menggelar pertunjukan mode atau fashion show di dalam kereta LRT Jakarta sebagai fashion preview. - JFFF2019

Bisnis.com, JAKARTA – Untuk pertama kalinya Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) 2019, gelaran ke-16, menggelar pertunjukan mode atau fashion show di dalam kereta LRT Jakarta sebagai fashion preview khusus untuk media dan influencer.

Menampilkan 16 koleksi khusus yang sekaligus melambangkan JFFF ke-16, merupakan hasil karya dari 11 desainer unggulan dan 5 UKM terpilih dari 108 booth yang ada di Fashion Village, yaitu ekshibisi mode yang menampilkan produk ready to wear, aksesoris, serta ragam kain Nusantara.

Sejak pertama penyelenggaraannya pada 2004, JFFF memiliki visi untuk mengangkat citra, harkat dan martabat industri mode Indonesia melalui industri berbasis budaya, bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, serta didukung oleh Kementrian Pariwisata RI dan Badan Ekonomi Kreatif RI.

JFFF tahun ini pun makin terasa istimewa dengan adanya Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta yang melintasi wilayah Summarecon Kelapa Gading, sehingga lokasi semakin mudah dicapai. Adanya LRT Jakarta hasil upaya Pemprov DKI ini juga semakin mendukung misi JFFF untuk memberikan kontribusi menjadikan Jakarta sebagai destinasi wisata belanja.

Deputy Chairman JFFF Cut Meutia lewat rilisnya, Selasa (13/8/2019), mengatakan bahwa dengan adanya JFFF ke-16 ini, maka JFFF pun ingin turut memperkenalkan fasilitas LRT, sekaligus mendorong masyarakat untuk menggunakannya sebagai sarana transportasi.

Selain menggelar fashion preview di dalam kereta LRT Jakarta, JFFF turut mempublikasikan LRT Jakarta melalui salah satu seri foto iklan JFFF 2019, yang mengambil lokasi pemotretan dengan latar belakang LRT Jakarta.

Sebanyak 16 koleksi yang ditampillan pada fashion preview ini adalah menggambarkan sebuah kehidupan metropolitan Kota Jakarta yang semakin modern, dipadukan dengan fashion style yang dinamis.

“Kami yakin industri mode Indonesia akan berkembang semakin cepat, dengan semakin meningkatnya kreatifitas para desainer Indonesia maupun para UKM memanfaatkan beragam kekayaan budaya etnis Indonesia sebagai upaya “Transforming Indonesia into global taste”. Terlebih adanya fasilitas LRT Jakarta yang mempermudah akses menuju Kelapa Gading, tentunya juga akan semakin mendukung percepatan perputaran bisnis di wilayah Kelapa Gading, sekaligus sebagai alternatif destinasi wisata belanja,” ujar Cut Meutia.

16 koleksi yang akan tampil dalam fashion preview adalah hasil karya 11 desainer, yaitu Didi Budiardjo, Eridani, Yogie Pratama, Major Minor, Tities Sapoetra, Hengki Kawilarang, Danjyo Hiyoji, Amotsyamsurimuda, Cynthia Tan, Jenahara dan juga Rinaldy Yunardi selaku desainer yang terpilih untuk tampil di JFFF Awards sebagai puncak acara  JFFF 2019 pada tanggal 21 Agustus 2019.

Adapun 5 koleksi lainnya merupakan perwakilan para partner yang tahun ini berkolaborasi dengan JFFF dan koleksinya ditampilkan di ekshibisi Fashion Village yang digelar di koridor Summarecon Mall Kelapa Gading dari 7-25 Agustus 2019 yakni: Dekranasda NTT sebagai perwakilan dari daerah, Kain Negeri mewakili institusi yang berkolaborasi dengan JFFF, Precious One mewakili UKM perwakilan Jakarta Brand Festival yang desainernya merupakan kaum difabel, finalist NYPD mewakili kompetisi fesyen di JFFF, dan ESMOD Jakarta mewakili sekolah mode.

Program tahunan Jakarta Fashion & Food Festival merupakan hasil kerja sama PT Summarecon Agung Tbk. bersama Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata & Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta sejak 2004. JFFF juga merupakan bagian dari program ‘Enjoy Jakarta’.

Didukung pula oleh Kementerian Pariwisata RI dan Badan Ekonomi Kreatif RI, kehadiran JFFF diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia secara keseluruhan dengan memberi wadah bagi kreativitas anak bangsa, agar produk-produk yang dihasilkan dapat terus berkembang, dapat diterima secara global, dan menjadi tuan rumah di negaranya sendiri.

Rangkaian utama acara Fashion Festival terdiri dari Fashion Show, Fashion Village dan Fashion Competition yaitu Gading Model Search dan Next Young Promising Designer.

Sementara itu, rangkaian utama dari Food Festival adalah Kampoeng Tempo Doeloe dan Wonderful Culinary Expo. Selain itu Jakarta Brand Festival merupakan program terbaru di JFFF yang bertujuan untuk mendukung akselerasi para UKM di industri mode dan kuliner.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
fashion, fashion show

Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top