ilustrasi masker KN95/Istimewa
Health

Sayangi Parumu, Atasi Polusi Udara Dengan Cara Ini

Tika Anggreni Purba
Selasa, 13 Agustus 2019 - 12:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Jika Anda sudah telanjur tinggal di daerah yang rentan dengan polusi udara, rasanya tidak mudah untuk pindah atau mencari tempat yang baru.

Mau tidak mau, Anda harus bertahan. Akan tetapi, apakah mungkin dapat tetap menjaga kesehatan paru jika tinggal di daerah yang rentan dengan polusi udara?

Dokter spesialis paru dan pernapasan konsultan paru kerja dan lingkungan Feni Fitriani Taufik dari RS Pondok Indah – Bintaro Jaya memberikan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan paru dari ancaman polusi udara:

1. Jalani pola hidup yang sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga rutin untuk menjaga daya tahan tubuh.

2. Setop kebiasaan merokok. Udara yang kita hirup kualitasnya sudah sangat buruk, jangan diperparah dengan kebiasaan merokok.

3. Gunakan masker di luar rumah saat kualitas udara tidak sehat.  Masker yang ideal adalah dengan tipe N95 yang efektif menangkal partikel PM2.5 hingga 95 persen karena dilengkapi dengan lapisan penyaring khusus.

Penggunaannya harus secara benar, tidak ada kebocoran sehingga fungsi perlindungannya juga optimal. Namun, ada keterbatasan penggunaan masker N95 yaitu rasa tidak nyaman bagi penggunanya karena pemasangannya harus rapat.

4. Hindari terlalu lama berada di luar ruangan, terutama pada daerah berpolutan tinggi atau pada saat kadar polutan tinggi.

5. Anda bisa mengunduh aplikasi Air Visual atau semacamnya, sebelum bepergian ke suatu daerah untuk mengecek kualitas udara di daerah tersebut

6. Cek berkala kesehatan paru Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro