Di Tempat Ini Orang Biasa Mencari Pasangan

Apakah penting di mana Anda bertemu pasangan potensial? Bisakah tempat menemukan jodoh menjelaskan tentang siapa mereka, dan apa yang mereka cari?
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 15 Agustus 2019  |  10:59 WIB
Di Tempat Ini Orang Biasa Mencari Pasangan
Ilustrasi kencan - stylecaster

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah penting di mana Anda bertemu pasangan potensial? Bisakah tempat menemukan jodoh menjelaskan tentang siapa mereka, dan apa yang mereka cari?

Penelitian baru menemukan bahwa ketika orang mencari pasangan di tempat-tempat tertentu, mereka mencarinya dengan ciri-ciri kepribadian tertentu.

Peter Jonason dari University of Western Sydney dan rekan-rekannya melakukan penelitian baru yang telah mengeluarkan banyak dugaan dari pencarian pasangan

Ada tiga penelitian yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana sebenarnya orang mencari pasangan biasanya. Pertama untuk mengetahui kemana orang pergi mencari pasangan untuk hubungan jangka pendek dan jangka panjang.

Kedua, untuk menemukan bagaimana ciri-ciri kepribadian dihubungkan dengan preferensi tempat tertentu untuk mencari jodoh; dan ketiga untuk mengetahui apakah ada perbedaan gender dalam preferensi tempat tertentu dalam mencari jodoh.

Inilah yang mereka lakukan: Pertama, para peneliti membuat daftar 50 tempat atau, di mana orang mungkin mencari pasangan jangka pendek dan atau jangka panjang.

Sampel ini terdiri dari 100 siswa (70% perempuan dan 30% laki-laki) yang kuliah di Universitas South Alabama, mulai dari usia 18 hingga 38 tahun. Hebatnya, pria dan wanita dalam sampel ini sebagian besar sepakat di mana harus pergi mencari teman kencan untuk memulai suatu hubungan.

Berikut adalah Top 10 untuk setiap kategori:

Hubungan jangka panjang:

    Kelas
    Organisasi
    Keagamaan
    Kerja
    Gym
    Kedai kopi
    Kelompok relawan
    Lingkungan
    Konferensi
    Taman

Hubungan jangka pendek:

    Bar
    Klub malam
    Pesta
    Klub menari
    Pantai
    Pernikahan
    Gym
    Konser
    Pesta persaudaraan
    Lingkungan

Selanjutnya, tim peneliti memeriksa bagaimana ciri-ciri kepribadian tertentu terkait dengan preferensi lokasi ini. Mereka memiliki partisipan yang mengisi kuesioner yang menilai sifat narsisme, psikopati, dan Machiavellianisme (dikenal sebagai Triad Kegelapan) dan HEXACO, akronim untuk kejujuran / kerendahan hati, emosi, ekstraversi, kesesuaian, kesesuaian, kesadaran, dan keterbukaan.

Para peserta juga diminta untuk membayangkan pergi ke tempat-tempat di "daftar lokasi" dan untuk menilai seberapa besar kemungkinan bagi mereka untuk mencari pasangan di tempat itu. 

Kali ini sampel terdiri dari 209 siswa dari University South Alabama (65% perempuan dan 35% laki-laki), berkisar usia 17 hingga 56 tahun. Para peneliti menghitung angka untuk melihat apakah ada hubungan yang signifikan antara ciri-ciri kepribadian tertentu dan pilihan mencari hubungan jangka pendek dan jangka panjang.

Apa yang ditemukan para peneliti?  Ciri-ciri narsisme, psikopati, dan Machiavellianisme (yaitu, Triad Kegelapan) lebih mencari hubungan jangka pendek. Sifat narsisme tampaknya mendorong keberhasilan pernikahan di hubungan jangka pendek. Dan ada satu perbedaan gender yang signifikan dari hasil penelitian itu. 

Pria menemukan pasangan jangka pendek di pernikahan daripada wanita, dan hasil keseluruhan menunjukkan bahwa individu narsis dapat memanfaatkan pesta pernikahan, ruang kelas, dan pantai untuk mencari jodoh jangka panjang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jatuh cinta

Sumber : Psychologytoday.com

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top