Kalahkan Disney, Universal Pictures Catatkan Film Pemuncak Box Office Terbanyak

Universal Pictures menjadi perusahaan dengan film terbanyak yang berhasil mencapai posisi puncak box office di pasar domestik Amerika Utara, hingga akhir September lalu atau kuartal ketiga tahun ini.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 01 Oktober 2019  |  18:53 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Universal Pictures menjadi perusahaan dengan film terbanyak yang berhasil mencapai posisi puncak box office di pasar domestik Amerika Utara, hingga akhir September lalu atau kuartal ketiga tahun ini.

Perusahaan tersebut telah memiliki tujuh film produksi tahun ini yang menempati posisi pertama di box office. Ketujuh film itu adalah Glass, How to Train Your Dragon 3, Us, The Secret Life of Pets 2, Hobbs & Shaw, Good Boys, dan Abominable.

Dari film-film di atas, Us menjadi film Universal Pictures dengan pendapatan domestik tertinggi, sebesar US$175 juta. Diikuti oleh Hobbs & Shaw dengan pendapatan US$172 juta dan How to Train Your Dragon 3 dengan US$160 juta.

Posisi kedua perusahaan yang memiliki jumlah film nomor satu box office domestik terbanyak adalah Disney dengan 6 judul film, yaitu Captain Marvel, Dumbo, Avengers: Endgame, Aladdin, Toy Story 4, dan The Lion King.

Kendati berada di urutan runner-up, jumlah pendapatan yang dihasilkan film-film Disney tentunya jauh lebih besar. Posisi paling atas ditempati oleh Avengers: Endgame dengan pendapatan domestik mencapai US$858 juta, diikuti oleh The Lion King sebesar US$540 juta, dan Toy Story 4 dengan US$433 juta.

Peringkat ketiga perusahaan ditempati oleh Warner Bros dengan lima judul film nomor satu box office, yaitu Lego Movie 2, Shazam!, The Curse of La Llorona, Godzilla: King of the Monster, dan It: Chapter Two.

Peringkat keempat menjadi tempat Columbia Pictures atau Sony dengan dua film, Men in Black International dan Spider-Man: Far Frome Home. Di posisi yang sama, diisi oleh Lionsgate dengan dua judul film yakni John Wick: Chapter 3 dan Angel has Fallen.

Data-data tersebut sejatinya menunjukkan bahwa persaingan atau kompetisi film untuk meraih posisi puncak box office pada pekan pembukaannya masih cukup ketat, tidak hanya didominasi oleh satu perusahaan film saja.

Pangsa Pasar

Namun begitu, berdasarkan data Box Office Mojo per Januari hingga September tahun ini, dari segi pangsa pasar harus diakui bahwa Disney cukup merajai dengan total perolehan 33,6% market share atau total pendapatan senilai US$2,82 miliar.

Diikuti oleh Universal Picture dengan pangsa pasar 13,6% atau pendapatan sebesar US$1,14 miliar dan Warner Bros dengan pasar beda tipis 13,5% dan pendapatan kotor senilai US$1,13 miliar. Disini, perbedaan posisi pangsa pasar cukup terlihat signifikan.

Persaingan film di box office masih akan berlanjut di tiga bulan terakhir atau kuartal keempat tahun ini. Universal masih bakalan merilis 6 judul anyar pada rentang waktu tersebut. Begitu juga dengan Disney yang telah menyiapkan 5 judul lagi hingga penghujung 2019.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Film

Editor : Sutarno
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top