Ilustrasi/Istimewa
Health

Ibu Hamil Alami Depresi, Anak Berpotensi Alami Gangguan Kejiwaan

Newswire
Rabu, 9 Oktober 2019 - 15:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penjelasan berikut bisa jadi menjelaskan mengapa seorang ibu hamil perlu selalu berada dalam suasana tenang dan nyaman, jauh dari berbagai tekanan. 

Anak yang dilahirkan dari ibu hamil yang terus mengalami depresi dan gangguan kecemasan berpotensi menderita gangguan kejiwaan saat tumbuh dewasa.

Dokter Spesialis Kejiwaan dari RS Cipto Mangunkusumo dr Sylvia Detri Elvira Sp.KJ(K) dalam acara seminar bertajuk Prevent Suicide by Loving Yourself di Gedung Imeri Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta, Rabu (9/10/2019) mengatakan kondisi tersebut menjadikan faktor genetik atau bakat yang dibawa anak saat kehamilan dan berpotensi menjadi gangguan kejiwaan.

"Si anak terhubung dengan ibu hamil dengan tali pusat, kalau ibu stres bertengkar dengan suaminya, stres di kantor, sedih, malas makan, si anak terpengaruh. Apalagi kalau sampai nangis itu terpengaruh," kata Sylvia.

Slyvia yang melakukan penelitian tersebut menjelaskan gen gangguan kejiwaan pada anak kemungkinan akan muncul saat menginjak masa remaja. Sementara ketika anak tersebut dilahirkan, balita, dan anak-anak tidak akan terlalu berpengaruh.

"Ketika lahir, bayi, balita, anak-anak enggak kenapa-kenapa. Pas remaja ada stres yang berat banget, baru muncul," kata Sylvia.

Namun Sylvia menerangkan bahwa faktor biologis bukanlah satu-satunya yang menyebabkan gangguan jiwa. Terdapat dua faktor risiko lainnya yaitu psikologi dan faktor lingkungan.

Faktor psikologi terkait dengan bagaimana anak dibesarkan oleh orang tua. Anak yang tumbuh dengan kasih sayang orang tua, diberikan dukungan, dan memiliki hubungan serta komunikasi yang baik dengan orang tua cenderung lebih kuat kejiwaannya.

Faktor lingkungan juga salah satu yang mempengaruhi kejiwaan seseorang. Anak yang mengalami perundungan di sekolah atau lingkungan masyarakat bisa mengarah pada gangguan jiwa.

Jika anak yang dilahirkan memiliki gen depresi dari ibunya, yang mengalami stres saat hamil, anak tersebut akan mudah mengalami gangguan kejiwaan apabila ditambah oleh faktor psikologi dan lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro