Pentingnya Menghabiskan Waktu Berkualitas Antara Orangtua dan Anak

Di tengah kesibukan di kota besar seperti Jakarta, momen kebersamaan antara orangtua dan anak menjadi suatu hal yang cukup langka terjadi.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 21 Oktober 2019  |  10:35 WIB
Pentingnya Menghabiskan Waktu Berkualitas Antara Orangtua dan Anak
Ilustrasi - Babypost

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah kesibukan di kota besar seperti Jakarta, momen kebersamaan antara orangtua dan anak menjadi suatu hal yang cukup langka terjadi.

Beberapa orang tua merasa bahwa menghabiskan satu atau dua jam dengan anak-anak mereka sudah cukup untuk pendidikan yang tepat. Tetapi, bukan jumlah waktu yang diperhitungkan tetapi kualitas waktu yang Anda habiskan bersama anak-anak Anda yang paling penting. Menghabiskan waktu berkualitas dengan anak-anak tidak hanya berdampak positif pada mereka, tetapi semua membuat mereka lebih kuat secara emosional.

Dari memberi makan bayi hingga mengantarnya ke sekolah, membantu anak-anak belajar naik sepeda hingga mengirim mereka untuk studi lebih lanjut; orang tua melakukan banyak hal untuk anak-anak mereka. Mereka memastikan untuk memberikan pendidikan terbaik kepada anak-anak mereka. Mengasuh anak bukanlah tugas yang mudah, dan tetap saja, orang tua menyukainya. Mereka memberikan waktu maksimum kepada anak-anak mereka dan memastikan mereka selalu ada untuk membimbing anak-anak mereka.

Berikut alasan pentingnya menghabiskan waktu bersama anak seperti dilansir dari Boldsky.com:

1. Menghubungkan Anda dan anak Anda

Bahkan jika Anda duduk dengan anak Anda sepanjang hari percaya bahwa itu akan memperkuat ikatan Anda dengan anak-anak Anda, maka Anda mungkin salah. Kecuali jika Anda tidak berinteraksi dengan anak Anda, Anda tidak akan dapat terhubung dengan anak Anda. Ketika Anda menghabiskan waktu berkualitas dengan anak-anak, Anda menciptakan lingkungan saling terbuka, mendiskusikan ide-ide baru dan mengeksplorasi hal-hal baru, itu juga membantu anak-anak Anda untuk memiliki hubungan yang kuat dengan Anda.

2. Membuat anak-anak Anda merasa aman secara emosional

Anak-anak merasa aman ketika orang tua mereka ada di sekitar mereka. Mereka menyukainya ketika orang tua mereka ada di sana untuk memegang mereka jika sesuatu yang salah terjadi. Ini membangun ikatan emosional antara Anda dan anak-anak Anda. Karena itu, ajarilah anak-anak Anda tentang langkah-langkah keamanan sehingga mereka dapat melindungi diri mereka secara fisik ketika Anda tidak ada di dekat mereka. Ini akan membantu Anda dan anak-anak Anda dalam jangka panjang.

3. Membantu anak-anak Anda untuk belajar dan tumbuh

Ketika Anda menghabiskan waktu berkualitas dengan anak-anak Anda, Anda membantu mereka untuk tidak hanya belajar tetapi juga tumbuh. Anda membantu ys Memperbaiki rutinitas harian untuk belajar dan membantu mereka dalam tugas mereka akan membantu anak-anak Anda untuk mendapatkan kesabaran dan akan mengembangkan kebiasaan belajar sejak usia belia saja. Ini juga akan membantu Anda menanamkan beberapa kualitas positif dalam pikiran anak Anda dan membuatnya patuh.

4. Membantu Anda untuk memahami masalah anak-anak Anda

Kecuali jika Anda tidak menghabiskan waktu berkualitas dengan anak-anak Anda di mana Anda bertanya kepada mereka tentang bagaimana hari mereka sejauh ini, Anda tidak akan dapat mengetahui masalah yang mungkin dialami anak-anak Anda. akan melalui. Tapi, menghabiskan waktu berkualitas dengan anak-anak Anda, mereka menaruh kepercayaan pada Anda karena mereka mengerti bahwa Anda tidak akan menghakimi dan memperlakukan Anda seperti teman dan merasa nyaman untuk berbagi masalah mereka.

5.Membantu anak-anak Anda untuk memahami Anda

Ketika Anda menghabiskan waktu berkualitas dengan anak-anak Anda, mereka juga memahami jumlah upaya yang Anda lakukan untuk menjadikan setiap hari sempurna bagi mereka. Mereka menjadi mandiri, mencoba melakukan beberapa pekerjaan sendiri, merawat diri sendiri dan memastikan tidak mengganggu Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
parenting

Sumber : Boldsky

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top