Kiat Menjaga Tulang Belakang Tetap Sehat hingga Usia Tua

Seiring bertambahnya usia, banyak fungsi tubuh kita melambat. Tulang belakang, salah satu organ vital tubuh kita mulai menua pada usia muda 30 yang mungkin meluas hingga usia 40-60 tahun.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 22 Oktober 2019  |  10:59 WIB
Kiat Menjaga Tulang Belakang Tetap Sehat hingga Usia Tua
Saraf tulang belakang. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Seiring bertambahnya usia, banyak fungsi tubuh kita melambat. Tulang belakang, salah satu organ vital tubuh kita mulai menua pada usia muda 30 yang mungkin meluas hingga usia 40-60 tahun.

Vertebra di dalam tubuh menjadi kurang protektif dan menjadi sempit seiring bertambahnya usia. Ketika sumsum tulang belakang kehilangan elastisitasnya dengan waktu, orang mengalami sakit punggung parah yang menurunkan kualitas hidup mereka dan mencegah mereka dari menyelesaikan tugas sehari-hari yang sederhana

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Neurological Disorders and Stroke mengatakan bahwa penyebab utama nyeri tulang belakang adalah penyakit tulang belakang yang menyebabkan pembengkakan, gelisah, berkurangnya fleksibilitas dan berkurangnya mobilitas tulang belakang.

Namun, seperti yang kita semua tahu, tidak ada kata terlambat untuk mulai hidup sehat, berikut adalah 11 tips untuk menjaga kesehatan tulang belakang seiring bertambahnya usia.

1. Tetap aktif

Menjadi aktif sangat penting untuk kesehatan tulang belakang, tulang, jantung dan semua bagian tubuh. Semakin Anda aktif, semakin besar kontribusi Anda terhadap kesehatan tulang belakang Anda. Pergi ke gym, berenang, berjalan, bermain dengan anak-anak atau melakukan segala hal kecil untuk membuat diri Anda tetap aktif dan tetap bugar secara berputar untuk kehidupan.

2. Peregangan, peregangan dan peregangan

Fleksibilitas penting ketika datang untuk mempromosikan kesehatan tulang belakang Anda. Peregangan setiap hari membuat Anda fleksibel yang pada gilirannya, membantu mempertahankan fungsi persendian yang normal. Ini juga mengurangi otot yang kaku dan meningkatkan stabilitas tubuh Anda [3].

3. Pertahankan postur tidur yang baik

Setelah semua kerja keras hari ini, tubuh kita perlu rileks dan meremajakan untuk hari berikutnya. Kasur, bantal, dan kenyamanan tempat tidur memainkan peran penting karena memungkinkan tulang belakang untuk beristirahat dengan benar dengan cara yang nyaman. Lebih suka posisi tidur menyamping dan bukan di perut untuk menghindari tekanan pada tulang belakang [4].

4. Jangan mengangkat beban berat

Orang harus menghindari mengangkat beban yang lebih dari 25% dari berat badan mereka karena dapat menyebabkan cedera pada tulang belakang atau menyebabkan disk hernia. Juga, jika Anda akan mengangkat benda berat, bungkukkan badan ke bawah bukan dari pinggang dan angkat berat secara perlahan. Jangan pernah mengangkatnya dalam sentakan karena dapat menyebabkan banyak masalah tulang belakang.

5. Berolahraga setiap hari

Otot punggung bawah dan perut harus kuat karena mendukung tulang belakang kita dan membantu kita berdiri dan mengangkat benda. Lakukan olahraga setiap hari seperti latihan menjembatani dan memiringkan panggul untuk membangun otot yang lebih kuat yang akan menopang Anda sampai usia tua.

6. Kenakan sepatu yang tepat

Meskipun sepatu tampaknya kurang penting dalam menjaga kesehatan tulang belakang, itu sangat berguna dalam mendukung punggung bagian bawah dan meluruskan tulang belakang dan tubuh dengan menyediakan basis pendukung yang baik. Hindari memakai sepatu yang ketat atau terlalu longgar dan kenakan sepatu yang pas dari bagian belakang tumit.

7. Hati-hati saat menggunakan ponsel

Menggunakan ponsel di posisi yang salah adalah kebiasaan tidak sehat yang memengaruhi tulang belakang sejumlah besar orang saat ini. Banyak orang menggunakan ponsel mereka secara terus-menerus tetap pada posisi tertentu yang mengakibatkan nyeri tulang belakang yang parah. Jaga ponsel Anda setinggi mata atau dada untuk menghindari tekukan yang berlebihan dan selalu duduk tegak dan gunakan ponsel.

8. Beristirahat

Bekerja terus menerus dalam posisi yang sama melelahkan dan juga berbahaya bagi sumsum tulang belakang kita. Ubah posisi sesering mungkin di tempat kerja, sesuaikan kursi kantor sesuai kenyamanan Anda dan jangan membungkuk ke depan ke arah layar dan bekerja. Selain itu, jangan lupa berjalan-jalan setiap 20-30 menit .

9.  Lakukan pemeriksaan rutin

Konsultasi rutin dengan chiropractor Anda adalah suatu keharusan karena dapat membantu Anda memahami posisi tidur terbaik dan penyesuaian lainnya untuk menjaga tulang belakang Anda kuat dan sehat. Mereka juga membantu dalam memahami tanda-tanda peringatan dengan obat yang tepat.

10. Makan diet seimbang

Sertakan ikan, produk susu, alpukat dan protein nabati dalam diet Anda untuk menjaga tulang belakang Anda sehat dan kuat untuk periode yang lebih lama. Jika Anda mengalami obesitas, cobalah untuk mengurangi lemak tubuh Anda karena terlalu banyak berat badan dapat menekan tulang belakang Anda dan menyebabkan rasa sakit .

11. Berhenti kebiasaan buruk

Untuk menjaga kesehatan tulang belakang, hindari semua kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol, dan penyalahgunaan zat. Mereka membuat sistem kekebalan tubuh lebih lemah yang dapat menyebabkan tulang dan sumsum tulang belakang lebih lemah. Juga, itu mengarah pada pengembangan beberapa penyakit cakram tulang belakang degeneratif dan artritis tulang belakang awal

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tulang belakang

Sumber : Boldsky

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top