Kaum milenial/Istimewa
Relationship

Milenial Perlu Bersiasat Hadapi Masa Depan

Dionisio Damara
Minggu, 3 November 2019 - 12:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Generasi milenial perlu menentukan langkah dalam berinvestasi sedini mungkin agar terbebas dari jeratan masalah keuangan di masa depan.

Hal ini selaras dengan penelitian yang dilakukan oleh Wharton Pension Research Council, yang menyatakan bahwa milenial setidaknya harus menyisihkan 40 persen penghasilannya untuk masa depan, agar dapat menikmati standar hidup di masa pensiun yang layak.

Terkait dengan investasi, terdapat banyak instrumen yang bisa dipilih oleh, mulai dari emas, properti, surat hutang negara, dan saham. Tanpa berbekal pengalaman dan pengetahuan yang mumpuni, investor cenderung berspekulasi menggunakan perasaan atau ikut-ikutan teman.

"Padahal, risiko selalu sejalan dengan keuntungan," ujar Denny Huang CEO sekaligus founder Emiten.com, dalam keterangan resmi, Jumat (31/10/2019). Adapun Emiten.com ialah aplikasi yang akan mempertemukan investor, analis independen maupun sekuritas dan perusahaan publik.

Dia melanjutkan, investasi saham adalah salah satu instrumen yang paling banyak diminati anak muda. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat partisipasi kaum milenial di pasar modal yang mulai menunjukkan kenaikan.

Tren kenaikan minat investasi saham membuat Denny bersama dengan rekan komunitas sahamnya untuk menciptakan aplikasi saham Emiten.com.

Menurutnya, aplikasi tersebut memiliki karakter social impact investing, sehingga investor atau calon investor dapat aktif berkontribusi terhadap pola pikir dan keberhasilan satu sama lain.

“Kedepan kami akan bawa investor pasar modal yang sudah paham akan konsep high risk high return dan medium long term investing untuk berinvestasi di UMKM sehingga UMKM tidak perlu pusing akan membayar pinjaman pokok dengan bunga yang tinggi," tuturnya.

Dia menambahkan, untuk saat ini pihaknya masih wait and see serta berfokus membesarkan komunitas Emiten.com. Hal itu disebabkan equity crowdfunding masih terbilang baru di Indonesia.

Adapun, fitur dari Emiten.com nantinya akan memiliki komunitas berbasis live chat. Fitur lainnya ialah sebagai pusat rekomendasi tempat bagi analis sekuritas atau independen dalam membagikan analisa berdasarkan keahlian atau strategi masing masing.

Dalam menjaga kualitas anggota dalam fitur komunitas saham dan pusat rekomendasi, Emiten.com didukung oleh beberapa Analis yang berpengalaman, seperti: Harvey Giri Pratama, Kevin aminudin, Dani Setiawan, Agung Surya Thidar, dan Janar Dehantoro.

"Hingga saat ini terdapat sekitar 2 hingga 5 analis mendaftar untuk bergabung setiap bulannya di Emiten.com," ujar Denny Huang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro