Seorang karyawan memperlihatkan edisi kedua Young Men's Magazine, sebuah manuskrip miniatur bertanggal 1830, ditulis oleh Charlotte Bronte ketika dia berusia 14 tahun, sebelum dilelang di rumah lelang Drouot di Paris./Reuters
Entertainment

Buku ‘Kecil’ Bronte Kembali ke Rumahnya

Dionisio Damara
Selasa, 19 November 2019 - 11:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Manuskrip karangan Charlotte Bronte dibeli Museum Bronte Parsonage yang berbasis di Haworth, Inggris, dalam sebuah lelang di Paris pada Senin (18/11/2019) seharga 780.000 euro atau sekitar U$862.446.

Manuskrip, yang ditulis Bronte pada 1830 atau saat dirinya berusia 14 tahun, akhirnya terbeli setelah Judi Dench, aktris film Inggris, dan presiden kehormatan Bronte Society, mengajak masyarakat untuk membantu menyumbangkan uang, alih-alih membawa "buku kecil" itu pulang ke Haworth.

Seperti dikutip dari Reuters, Senin (18/11/2019), mereka sukses mengumpulkan 84.892 poundsterling dari sumbangan masyarakat atau lebih bangak dari yang direncakan. 

Dana itu pun menambah dana yang sudah dikumpulkan dari sumber lain untuk membeli naskah, yang merupakan satu dari enam buku kecil yang ditulis oleh Bronte.

Diketahui manuskrip yang ukurannya tidak lebih besar dari kotak korek api ini, hanya pernah dilelang satu kali, yakni delapan tahun lalu.

"Sudah jarang terlihat sejak itu," tulis Bronte Parsonage Museum di laman resminya.

Karya Bronte ini terdiri dari cerita-cerita dengan tokoh dari Glass Town, sebuah dunia imajiner yang ditemukan Bronte dan saudara perempuannya yakni Emily dan Anne.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro