Gobo/boldsky
Health

Ini 5 Manfaat Akar Gobo untuk Kesehatan

Ilham Budhiman
Sabtu, 23 November 2019 - 15:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gobo, akar tanaman burdock (Arctium lappa) bila dikonsumsi dengan baik memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan salah satunya mencegah kanker.

Tanaman seperti singkong ini umumnya ditemukan di Asia Utara, Eropa dan Amerika Serikat ini  sejatinya telah digunakan dalam pengobatan China maupun pengobatan herbal di negara barat.

Dilansir Boldsky, akar tanaman ini mengandung minyak serta senyawa penting yakni tanin, sterol, kuersetin, asam fenolik, dan luteolin. Senyawa tersebut kerap dikaitkan memiliki banyak manfaat kesehatan.

Secara tradisional, akar tanaman ini juga digunakan sebagai obat diuretik dan membantu pencernaan. Namun, para peneliti telah menemukan manfaat kesehatan lain pada gobo. Berikut lima manfaat akar gobo. 

1. Mencegah kanker 

Masih dilansir Boldsky, manfaat akar tanaman ini mampu untuk mencegah kanker karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya. 

Sebuah studi tahun 2016 menunjukkan bahwa manfaat akar gobo memperlambat pertumbuhan tumor kanker payudara.

2. Meningkatkan kadar insulin 

Diabetes adalah penyakit yang terjadi ketika ada peningkatan gula darah atau kadar glukosa darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa akar gobo memiliki sifat anti-diabetes, yang dapat membantu mencegah lonjakan kadar insulin. 

3. Memurnikan darah 

Dalam pengobatan tradisional, akar ini telah digunakan untuk pemurnian darah. Sebuah studi pada 2011 menemukan bahwa akar gobo dapat membantu menghilangkan racun dari aliran darah, sehingga mendetoksifikasi darah dan meningkatkan sirkulasi darah.

4. Menurunkan peradangan 

Akar gobo memiliki antioksidan kuat yang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Rheumatic Diseases, akar tanaman ini dapat menurunkan penanda inflamasi dalam darah pada pasien osteoartritis.

5. Masalah kulit 

Telah lama digunakan dalam pengobatan berbagai kondisi kulit seperti eksim, jerawat, dan psoriasis. Sifat antibakteri dan anti-inflamasi pada akar gobo dapat membantu menjernihkan masalah kulit saat dioleskan. 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Burn Care & Research menemukan bahwa akar tanaman tersebut dapat membantu dalam perawatan luka bakar topikal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Akhirul Anwar
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro