Frozen 2 (2019) / Disney
Entertainment

Ini Pencapaian Film Frozen 2 di Pekan Pertama Penayangannya

Syaiful Millah
Selasa, 26 November 2019 - 18:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Film Frozen 2 (2019) dirilis perdana di pasar domestik Amerika Utara dan pasar internasional pekan lalu. Hasilnya sangat positif, film ini mendapatkan debut box office yang cemerlang.

Film besutan sutradara Jennifer Lee dan Chris Buck itu berhasil mengumpulkan pendapatan sekitar US$130 juta di pasar Amerika Utara dan pendapatan sekitar US$228,2 juta di pasar internasional. Artinya, Frozen 2 berhasil meraup penghasilan US$358,2 juta pada pekan perdana penayangannya.

Dengan jumlah tersebut, Frozen 2 berhasil memecahkan beberapa rekor di industri perfilman global, termasuk domestik dan internasional. Berikut daftar rekor yang berhasil diraih Frozen 2 pada pekan penayangan perdananya :

Pembukaan global terbesar untuk film animasi

Film ini berhasil menggeser pemuncak rekor sebelumnya dalam hal pendapatan pekan perdana terbesar di keseluruhan pasar global yang sebelumnya dipegang Toy Story 4 (2019) dengan pendapatan US$240,9 juta.

Pembukaan internasional terbesar untuk film animasi

Frozen 2 juga berhasil menjadi film animasi yang mencatatkan pendapatan internasional atau pasar luar negeri terbesar sepanjang masa. Sebelumnya, rekor ini dipegang Ice Age: Dawn of the Dinosaurs (2019) dengan pendapatan internasional sekitar US$152 juta.

Pembukaan November domestik terbesar untuk film animasi

Frozen 2 menjadi film rilisan November atau debut musim Thanksgiving terbesar di pasar domestik Amerika Utara yang sebelumnya dipegang Frozen (2013) dengan US$93 juta.

Pembukaan Imax terbesar untuk film animasi

Frozen 2 meraih posisi ini dengan menghasilkan tiket Imax sekitar US$18 juta di pasar global dalam pekan pertama perilisannya.

Pembukaan domestik tiga hari teratas untuk Walt Disney Animation Studios

Frozen 2 mengalahkan Zootopia (2016), yang dimulai dengan pendapatan dalam negeri sekitar US$75,1 juta selama akhir pekan 4-6 Maret 2016 atau pekan perilisan pertamanya.

Kendati begitu, film ini masih memiliki jalan panjang untuk bisa menyaingi film pendahulunya yang juga mendapatkan sukses besar.

Film pertamanya, Frozen (2013), yang juga disutradarai Jennifer Lee dan Chris Buck berhasil mengumpulkan total pendapatan global sebesar US$1,274 miliar. Jumlah tersebut terdiri atas US$400,73 juta di pasar domestik dan US$873,48 juta di pasar internasional.

Selain dari sisi pendapatan, Frozen juga mendapatkan respons positif dari sisi penghargaan internasional. Frozen menyabet dua penghargaan di ajang Academy Awards atau Oscar yakni pemenang kategori Best Animated Feature dan Best Original Song.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro