Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Pencapaian Film Frozen 2 di Pekan Pertama Penayangannya

Film Frozen 2 (2019) dirilis perdana di pasar domestik Amerika Utara dan pasar internasional pekan lalu. Hasilnya sangat positif, film ini mendapatkan debut box office yang cemerlang.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 26 November 2019  |  18:45 WIB
Frozen 2 (2019)  -  Disney
Frozen 2 (2019) - Disney

Bisnis.com, JAKARTA – Film Frozen 2 (2019) dirilis perdana di pasar domestik Amerika Utara dan pasar internasional pekan lalu. Hasilnya sangat positif, film ini mendapatkan debut box office yang cemerlang.

Film besutan sutradara Jennifer Lee dan Chris Buck itu berhasil mengumpulkan pendapatan sekitar US$130 juta di pasar Amerika Utara dan pendapatan sekitar US$228,2 juta di pasar internasional. Artinya, Frozen 2 berhasil meraup penghasilan US$358,2 juta pada pekan perdana penayangannya.

Dengan jumlah tersebut, Frozen 2 berhasil memecahkan beberapa rekor di industri perfilman global, termasuk domestik dan internasional. Berikut daftar rekor yang berhasil diraih Frozen 2 pada pekan penayangan perdananya :

Pembukaan global terbesar untuk film animasi

Film ini berhasil menggeser pemuncak rekor sebelumnya dalam hal pendapatan pekan perdana terbesar di keseluruhan pasar global yang sebelumnya dipegang Toy Story 4 (2019) dengan pendapatan US$240,9 juta.

Pembukaan internasional terbesar untuk film animasi

Frozen 2 juga berhasil menjadi film animasi yang mencatatkan pendapatan internasional atau pasar luar negeri terbesar sepanjang masa. Sebelumnya, rekor ini dipegang Ice Age: Dawn of the Dinosaurs (2019) dengan pendapatan internasional sekitar US$152 juta.

Pembukaan November domestik terbesar untuk film animasi

Frozen 2 menjadi film rilisan November atau debut musim Thanksgiving terbesar di pasar domestik Amerika Utara yang sebelumnya dipegang Frozen (2013) dengan US$93 juta.

Pembukaan Imax terbesar untuk film animasi

Frozen 2 meraih posisi ini dengan menghasilkan tiket Imax sekitar US$18 juta di pasar global dalam pekan pertama perilisannya.

Pembukaan domestik tiga hari teratas untuk Walt Disney Animation Studios

Frozen 2 mengalahkan Zootopia (2016), yang dimulai dengan pendapatan dalam negeri sekitar US$75,1 juta selama akhir pekan 4-6 Maret 2016 atau pekan perilisan pertamanya.

Kendati begitu, film ini masih memiliki jalan panjang untuk bisa menyaingi film pendahulunya yang juga mendapatkan sukses besar.

Film pertamanya, Frozen (2013), yang juga disutradarai Jennifer Lee dan Chris Buck berhasil mengumpulkan total pendapatan global sebesar US$1,274 miliar. Jumlah tersebut terdiri atas US$400,73 juta di pasar domestik dan US$873,48 juta di pasar internasional.

Selain dari sisi pendapatan, Frozen juga mendapatkan respons positif dari sisi penghargaan internasional. Frozen menyabet dua penghargaan di ajang Academy Awards atau Oscar yakni pemenang kategori Best Animated Feature dan Best Original Song.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

film hollywood
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top