Seorang ibu menyusui bayinya./Istimewa
Health

Tanda-tanda Bayi Dehidrasi

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 28 November 2019 - 14:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bayi juga bisa mengalami dehidrasi, ketika kurang asupan susu yang diketahui sangat dibutuhkannya.

Pada tahun pertama, sumber utama makanan mereka berasal dari ASI, yang membuat mereka cukup makan dan bahagia. Ketika mereka terus tumbuh, berat badan mereka bukan indikator utama mereka sehat.

Hal penting lainnya juga perlu diperhatikan, seperti dehidrasi. Tidak seperti orang dewasa, dehidrasi bisa menjadi sedikit sulit untuk diidentifikasi pada anak-anak kecil.

Perhatikan tanda-tanda ini:

Mulut kering

Mulut atau kulit kering Salah satu tanda dehidrasi yang paling jelas adalah kekeringan di dalam dan di sekitar mulut, bibir dan wajah. Ini juga dapat menyebabkan kulit mereka pecah-pecah atau mengelupas.

Dehidrasi juga dapat menyebabkan tangan dan kaki mereka terasa hangat atau lebih dingin dari biasanya. Tanda ini tidak boleh diabaikan. Jika Anda melihat ini terjadi, coba beri mereka susu dan buat mereka merasa nyaman.

2. Menangis tanpa airmata

Ketika bayi tumbuh, mereka mulai menangis dan meneteskan air mata. Menangis tanpa air mata biasanya terjadi ketika tubuh kehabisan air dan produksi air mata tidak terjadi. Ini adalah tanda yang jelas bahwa nutrisi mereka perlu dijaga.

3. Jarang buang air kecil

Jika Anda orang tua baru, kemungkinan besar Anda sudah terbiasa dengan kebiasaan toilet bayi. Dalam enam bulan pertama, 5-6 perubahan popok sehari dianggap normal. Namun, jika Anda mengamati perubahan frekuensi atau melihat lebih sedikit perubahan popok, bayi Anda mungkin tidak mendapatkan cukup makanan.

Tanda lain untuk tidak mengabaikannya adalah perubahan warna urin mereka. Dehidrasi dapat menyebabkan urine berubah menjadi kuning gelap, yang tidak normal.

4. Tidur berlebihan

Sama seperti orang dewasa, ketika bayi tidak mendapatkan nutrisi yang tepat, mereka cenderung lebih lelah dan lebih terkuras dari biasanya, yang membuat mereka beristirahat dan tidur. Pantau terus rutin tidur bayi Anda. Salah satu tanda yang paling sering diabaikan, tidur berlebihan tidak boleh dihitung

5. Rewel 

Jika bayi Anda mengalami dehidrasi atau lapar, ia bisa menjadi lebih mudah marah, rewel, cerewet, dan bahkan menangis. Itulah sebabnya menyusui bayi dianggap sebagai salah satu cara untuk menenangkan tangisan. Namun, bayi bisa rewel karena lebih banyak alasan sehingga Anda tidak bisa bergantung pada alasan ini saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Timesofindia
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro