Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Virus Corona Menyebar di China, Perhatikan Langkah-Langkah Ini

Berdasarkan pemantauan KBRI Beijing, tidak terdapat masyarakat Indonesia yang terjangkit penyakit pneumonia dimaksud, baik di Wuhan maupun di daerah lainnya.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 22 Januari 2020  |  23:24 WIB
Petugas di bandara Kazakhstan memeriksa penumpang yang tiba dari China untuk mencegah penularan wabah virus corona, 21 Januari 2020. - Reuters
Petugas di bandara Kazakhstan memeriksa penumpang yang tiba dari China untuk mencegah penularan wabah virus corona, 21 Januari 2020. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri meminta masyarakat Indonesia yang berada di Wuhan, Provinsi Hubei, China untuk lebih waspada mengingat telah terjadi kasus pneumonia atau radang paru-paru berat yang belum diketahui penyebabnya.

Dalam siaran pers Kementerian Luar Negeri, Komite Kesehatan Kota Wuhan saat ini terus melakukan penelitian dan pengawasan ketat terhadap berjangkitnya penyakit pneumonia tersebut, dan telah melakukan upaya pencegahan dan pengendalian penyakit.

"Sejauh ini berdasarkan pemantauan KBRI Beijing, tidak terdapat masyarakat Indonesia yang terjangkit penyakit pneumonia dimaksud, baik di Wuhan maupun di daerah lainnya," demikian tertulis dalam siaran pers Kementerian Luar Negeri pada Rabu (22/1/2020).

Masih dalam siaran pers Kemenlu, KBRI Beijing juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia di wilayah China untuk memperhatikan beberapa hal

Pertama, seluruh masyarakat yang berada di Wuhan atau sedang melakukan perjalanan ke Wuhan agar selalu memperhatikan kondisi kesehatannya dan segera melakukan konsultasi medis apabila merasa tidak sehat dan menunjukkan gejala-gejala demam, batuk dan sulit bernafas.

Kemudian menghindari kontak dengan hewan hidup termasuk unggas dan burung, dan menghindari konsumsi daging mentah dan kurang matang.

Menghindari berkunjung ke pasar ikan atau makanan laut atau tempat penjualan hewan hidup.

Menghindari interaksi dengan orang yang memiliki gejala demam, batuk, dan sukar bernafas atau jatuh sakit dengan gejala yang sama dengan pneumonia.

Selalu menjaga kebersihan seperti mencuci tangan dengan sabun, memakai masker apabila sedang batuk dan pilek, dan menutup mulut dengan tisu saat batuk atau bersin.

Adapun bagi masyarakat Indonesia yang memerlukan bantuan kekonsuleran dapat menghubungi Kedutaan Besar Republik Indonesia di China dengan alamat No. 4, Dongzhimenwai Dajie, Chao Yang District, Beijing 100600, People's Republic of China
Tel: 001-86-(10) 6532 5489, Fax: 001-86-(10) 6532-5368, Email: [email protected], Website: https://kemlu.go.id/beijing/id

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

virus virus corona
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top