Fashion

Salam Perpisahan Jean Paul Gaultier di Atas Catwalk

Dionisio Damara
Sabtu, 25 Januari 2020 - 06:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Desainer senior asal Prancis Jean Paul Gaultier mengucapkan salam perpisahan dari atas catwalk dengan menampilkan kreasi desain yang tak sederhana.

Desainer berusia 67 tahun itu menyatakan mundur dari dunia fesyen setelah hampir 50 tahun bergelut dalam industri ini. Dia mengatakan bahwa akan meninggalkan catwalk dan fokus menjalankan proyek-proyek yang dianggapnya menyenangkan.

"Saya terlalu tua untuk merevolui sistem," ujarnya dikutip dari Reuters, Kamis (23/1/2020). Dia menambahkan bahwa industri fesyen saat ini telah menjadi rumah bagi banyak label dan rumah mode.

Pertunjukan koleksi Haute Couture Spring/Summer 2020 di Paris, Prancis, adalah panggung terakhir Gaultier. Sejumlah model dan artis dalam baluta karya Gaultier tampil memukau dengan konsep futuristik dan sedikit nyeleneh.

Aktris Spanyol Rossy De Palma, misalnya, tampil di atas landasan dengan mengenakan hiasan kepala berlapis opium. Sementara model Karlie Kloss memamerkan pakaian pengantin bertema futuristik dengan dominasi warna silver.

Acara ini dimulai dengan adegan pemakaman tiruan yang berpadu dengan tari balet dengan diiringi lagu Back to Black milik mendiang Amy Winehouse yang dinyanyikan oleh Boy George.

Hanya Satu Gaultier

Nama Gaultier muncul sebagai salah satu talenta muda paling cerdas dalam dunia mode Prancis selama era 1980-an. Dia mengguncang prinsip mode dengan desain liar yang diambil dari budaya jalanan dan punk.

Saat berusia 18 tahun, dia magang di Cardin lalu lanjut bekerja sebagai desainer untuk Hermes. Dia pun mempresentasikan koleksi individu pertamanya pada 1976.

Mentor Gaultier, Pierre Cardin (97) turut hadir di antara para tamu di teater Châtelet, Paris, yang disulap menjadi landasan para model. Rekan-rekan desainer pakaian wanita, seperti Louis Vuitton dan Nicolas Ghesquiere juga ikut menonton.

Model Laetitia Casta, yang malam itu mengenakan pakaian vintage denim biru, mengenang sosok Gaultier sebagai desainer yang turun ke jalan untuk menemukan bibit model bertalenta.

"Hanya ada satu Jean Paul Gaultier," ujar model yang ditemukan Gaultier pada usia 15 tahun di sebuah panggilan casting model.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro