Pria berjenggot/Istimewa
Fashion

10 Cara Merawat Janggut yang Benar

Mia Chitra Dinisari
Senin, 27 Januari 2020 - 10:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memelihara janggut adalah hal yang lumrah bagi seorang pria, terutama jika ingin penampilannya terlihat lebih maskulin.

Meski demikian, memelihara janggut ternyata menjadi hal yang gampang-gampang susah. Karena tidak semua pria memiliki kesuburan rambut juga bulu di tubuhnya.

Selain itu, ada juga yang tidak bisa memeliharanya secara benar, sehingga membuat penampilan jadi berantakan dan justru menghilangkan kesan maskulin berganti dengan tampilan acak-acakan.

Iya, karena memelihara janggut bukan sekadar soal memanjangkannya saja. Ada beberapa treatment khusus yang harus dilakukan pria secara rutin agar janggutnya tetap terjaga dengan rapi.

Apakah Anda termasuk orang berjanggut yang rutin memeliharanya? Nah berikut beberapa perawatan yang harus dilakukan oleh pria berjanggut :

1. Rutin mencukur

Sama seperti rambut Anda, jenggot Anda perlu dipangkas secara teratur juga. Ini membantu mencegah kerusakan pada jenggot Anda dan memastikan pertumbuhan jenggot yang sehat. Jadi, pelajari cara terbaik untuk memotong dan merawat jenggot Anda.

2. Rutin cuci janggut

Jangut Anda bisa menjadi sangat tidak higienis, terutama ketika sudah mulai lebat. Ada makanan yang mungkin masuk ke dalam jenggot dan kulit di bawah jenggot yang diabaikan adalah penyebab utama. Karena itu, penting untuk menjaga jenggot Anda tetap bersih dan higienis. Pertahankan jadwal mencuci jenggot dan ikuti secara rutin. Juga, gunakan sampo ringan bebas sulfat, lebih disukai dengan bahan alami untuk mencuci jenggot.

3. Pakai kondisioner

Agar jenggot Anda lembut dan bebas keriting, penting agar Anda mengkondisikan jenggot Anda setelah dicuci. Gunakan kondisioner jenggot untuk memelihara jenggot selama beberapa menit dan bilas sampai bersih. Juga, gunakan handuk lembut untuk mengeringkan jenggot Anda. Jangan menarik jenggot Anda. Bersikaplah lembut.

4. Jaga kelembabannya

Pastikan jenggot dan kulit di bawahnya lembab. Ada banyak produk perawatan jenggot, seperti minyak jenggot atau balsem janggut, yang akan membantu Anda melakukannya. Minyak jenggot atau balsem akan melembabkan jenggot dan kulit di bawahnya untuk mengontrol keriting dan gatal serta menyehatkan folikel rambut.

5. Sisir secara teratur

Menyisir jenggot Anda secara teratur tidak hanya akan membantu menghilangkan kusut tetapi juga membuatnya lebih mudah diatur. Jenggot yang disisir dengan baik mudah ditata dan tidak terlihat kumuh.

6. Gunakan Produk khusus janggut

Menggunakan produk perawatan rambut biasa di jenggot Anda mungkin bukan ide terbaik. Ada produk perawatan jenggot spesifik yang tersedia di pasar yang akan memberi Anda jenggot yang terlihat sehat dan mudah dikelola. Jadi, lewati pintasan dan berinvestasi dalam beberapa produk perawatan jenggot berkualitas baik.

7. Jangan Lewati Leher

Banyak kali saat merawat jenggot Anda melewati garis leher. Itu bisa membuat jenggot terlihat lusuh. Gunakan pemangkas di sekitar leher jenggot Anda. Pangkas janggut sampai jakun Anda dan Anda memiliki janggut rapi yang terlihat sehat.

8. Atur antara janggut dan kumis

Kumis dan jenggot adalah satu paket. Nah, kecuali Anda mengguncang tampilan tali dagu. Sebuah tip penting untuk jenggot yang tampak mengagumkan adalah untuk menjaga kumis Anda tetap rapi juga. Potong jenggot Anda setiap beberapa hari dan jaga agar tetap terhidrasi menggunakan minyak jenggot atau balsem.

9. Atur pola makan penuh nutrisi

Diet Anda sangat memengaruhi kesehatan dan penampilan jenggot Anda. Gunakan makanan sehat, kaya vitamin dan protein untuk menjaga jenggot yang sehat. Kacang-kacangan, telur, daging, sayuran berdaun hijau, dan susu adalah makanan yang harus Anda miliki. Hindari junk food sebanyak yang Anda bisa.

10. Sabar

Akhirnya, tip paling penting. Sabar. Menumbuhkan dan merawat janggut adalah komitmen jangka panjang yang membutuhkan usaha, waktu, dan kesabaran. Ini bukan proses yang membutuhkan beberapa minggu atau bulan. Anda perlu berinvestasi bertahun-tahun untuk mendapatkan janggut yang Anda inginkan. Makan dengan sehat, berolahraga, tidur nyenyak, merapikannya secara teratur dan menjauhi alkohol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Boldsky
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro